• Sabtu, 10 Desember 2022

Peringatan Hari Jantung Sedunia, momentum tingkatkan kesadaran gaya hidup sehat

- Selasa, 27 September 2022 | 11:45 WIB
Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr. Rio Probo Kaneko, Sp.JP, FIHA.  (ANTARA/Dokumentasi Pribadi.)
Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr. Rio Probo Kaneko, Sp.JP, FIHA. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi.)



HARIAN MERAPI - Memperingati hari jantung sedunia, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Rio Probo Kaneko, mengingatkan pentingnya menerapkan gaya hidup sehat.


Menurutnya hari jantung sedunia menjadi momentum penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran menerapkan gaya hidup sehat.


"Hari Jantung Sedunia dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar melakukan gaya hidup sehat dalam rangka menjaga kesehatan jantung," kata Rio Probo ketika dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Baca Juga: Berapa kebutuhan asupan gula perhari, simak penjelasan ahli kesehatan Prof Zubairi Djoerban

Dokter yang praktik di RSUD Prof. Dr Margono Soekarjo Purwokerto, Jawa Tengah itu menambahkan peringatan Hari Jantung Sedunia perlu dimanfaatkan untuk memperkuat sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan jantung.

"Sosialisasi harus terus diperkuat guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit jantung dan berbagai masalah kesehatan lainnya," katanya.

Dia menjelaskan gaya hidup yang harus dijalani untuk menjaga kesehatan jantung, antara lain mengonsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak konsumsi air putih, menghindari rokok, menghindari stres dan mengatur pola makan, serta pola istirahat dengan baik," katanya.

Baca Juga: Syekh Yusuf Qaradawi wafat, Haedar Nashir: dunia kehilangan ulama besar yang moderat dan maju

Dokter Rio menambahkan masyarakat juga perlu melakukan pemeriksaan rutin guna memantau kondisi tekanan darah dan kondisi kesehatan tubuh secara umum.

"Masyarakat juga perlu mengingat bahwa olahraga secara teratur dan melakukan aktivitas fisik sangat diperlukan untuk mencegah penyakit jantung dan penyakit lainnya," katanya.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X