• Sabtu, 21 Mei 2022

Manfaat Ciuman untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengendalikan Tekanan Darah

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 07:22 WIB
Ciuman punya manfaat untuk kesehatan termasuk mengendalikan tekanan darah. (Foto: instagram @alodokter)
Ciuman punya manfaat untuk kesehatan termasuk mengendalikan tekanan darah. (Foto: instagram @alodokter)

Harianmerapi.com-Bagi Anda yang sudah menikah, ternyata ciuman tak hanya sebagai tanda cinta, namun juga bisa membantu tekanan darah lebih terkendali. Simak faktanya menurut ahli berikut ini.

Dikutup dari instagram alodokter pada Sabtu (29/1/2022), saat Anda dan pasangan berciuman, pembuluh darah cenderung melebar, sehingga aliran darah di dalam tubuh akan lebih lancar dan detak jantung pun menjadi lebih teratur.

Hal itu lah yang memengaruhi tekanan darah bisa jadi lebih terkendali dan jantung pun menjadi lebih sehat.

Selain itu, ada juga, berbagai manfaat ciuman bibir bagi kesehatan yang lainnya, yaitu: mengurangi rasa cemas dan stres, karena saat berciuman, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin, dopamin, dan endorfin yang membuat kamu merasa bahagia dan tenang.

Baca Juga: Khasiat Air Tebu Dapat untuk Mendukung Kesehatan Jantung

Kemudian memperkuat daya tahan tubuh, karena berkurangnya hormon stres, mengencangkan kulit, karena berciuman merupakan salah satu latihan otot wajah yang juga bisa merangsang pembentukan kolagen (protein yang baik untuk kulit) serta meredakan sakit kepala, karena pelebaran pembuluh darah yang sudah disebutkan sebelumnya.

"Tapi, jangan jadinya hanya mengandalkan ciuman untuk memperoleh manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya. Berciuman juga gak bisa menggantikan fungsi dari obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Ingat, bagaimanapun pola hidup sehat tetap perlu dilakukan secara disiplin. Apalagi kalau tekanan darah bermasalah," ujar pesan di unggahan itu.*

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X