• Kamis, 30 Juni 2022

Biarkan Shin Thae-yong Bekerja dengan Caranya, Jangan Ada Campur Tangan dari Siapapun

- Selasa, 21 Desember 2021 | 08:16 WIB
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi dalam latihan tim nasional Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/5/2021)  (ANTARA/HO/PSSI)
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi dalam latihan tim nasional Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/5/2021) (ANTARA/HO/PSSI)

TIM NASIONAL Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 sebagai juara Grup B setelah menggunduli Malaysia dengan skor 4-1 dalam laga pamungkas fase grup di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam. Namun ada hal penting yang bisa dipetik dari keberhasilan tersebut.

Adalah Shin-Tae-yong">Shin Tae-yong, yang layak mendapatkan poin plus. Tanpa menafikan peran para pemain Indonesia tentu saja. Pelatih asal korea Selatan itu mampu mengubah skema permainan dari bertahan--ketika melawan Vietnam--menjadi ofensif saat menghancurkan tim negeri jiran Malaysia.

Strategi yang mampu membawa Indonesia menjadi juara, bahkan membuat kaget banyak pihak. Tidak hanya para pengamat bola yang sedari awal lebih menjagokan Vietnam dan Malaysia yang akan lolos dari grup B, namun juga pelatih Thailand. Mereka tidak menyangka Indonesia lolos, bahkan mampu mengangkangi Vietnam yang lebih diunggulkan.

Baca Juga: Seto Nurdiantoro Ungkap Kondisi Fisik Pemain dan Peluang Lolos PSIM

Lalu bagaimana rahasia Shin bisa membawa Garuda terbang tinggi, dia tetap merendah dengan mengatakan bahwa mental tangguh dari para pemainnya membuahkan hasil itu.

"Saya memang meminta anak-anak untuk tidak kalah saat bertarung dengan pemain-pemain Malaysia. Jangan kalah duel dan tetap tenang andai kebobolan terlebih dahulu. Jadi saya mau mengucapkan selamat dan terima kasih kepada pemain," ujarnya usai pertandingan.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, skuad "Garuda" juga menunjukkan kepercayaan diri yang baik sepanjang partai kontra Malaysia. Hal tersebut membuat Irfan Jaya dan kawan-kawan tetap kokoh secara psikologis meski tertinggal terlebih dahulu dari lawan.

Baca Juga: Piala FA Hapus Laga Ulang Putaran Ketiga dan Keempat Akibat Lonjakan Covid-19

Kematangan seperti itu membuat Shin merasa senang dan menilai timnya, yang diisi mayoritas pemain berusia di bawah 23 tahun, terus menunjukkan peningkatan kualitas. "Pemain-pemain muda ini semakin lama semakin berkembang. Saya senang melihatnya," kata pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Kemenangan besar Indonesia atas musuh bebuyutan Malaysia kali ini membuat hampir semua masyarakat di Tanah Air memberikan pujian untuk Shin. Masyarakat berharap agar kontrak dia dalam menangani tim sepakbola Indonesia bisa diperpanjang.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X