BI DIY Tambah Pojok Baca Bianca di Pevita

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Keberadaan pojok baca Bank Indonesia (BI) Corner untuk Anda (Bianca) ditambah di Perpustakaan Alternatif Wilayah Selatan Kota Yogyakarta (Pevita). Pojok baca BI Corner yang berisi koleksi buku-buku perbankan, keuangan, ekonomi dan usaha itu diharapkan dapat menarik dan meningkatkan literasi membaca dan keuangan masyarakat.

“Kami harap dengan penambahan pojok baca Bianca ini menjadikan perpustakaan tempat yang menyenenangkan. Tidak hanya tumpukan buku. Ini juga untuk membangun literasi di bidang keuangan,” kata Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti usai peresmian Bianca di Pevita, Senin (21/9).

Menurutnya indeks tingkat membaca Indonesia masih rendah yakni tiap 1.000 orang hanya ada 1 orang yang membaca. Terlihat dari aktivitas di tempat publik seperti saat naik transportasi umum seperti pesawat atau kereta, masyarakat Indonesia cenderung tidur. Berbeda dengan masyarakat di luar negeri yang memanfaatkannya dengan membaca.

“Fasilitas di Perpustakaan Kota Yogya sudah cukup bagus. Maka program-program perpustakaan yang perlu dimainkan. Misalnya ada kegiatan resensi buku dan bedah buku sehingga orang tertarik ke perpustakaan. Para guru dan siswa kami harap juga memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber referensi karena buku jelas sumber dan penulisanya,” terangnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan BI DIY Hilman Tisnawan menilai rendahnya indeks membaca di Indonesia salah satunya karena kebiasaan masyarakat yang lebih banyak menggunakan gawai. Dia meyebut berdasarkan survei Kemekominfo orang menghabiskan sekitar 9 jam setiap hari dalam menggunakan gawai seperti telepon selular. Sedangkan bacaan yang beredar di media sosial cenderung dangkal.

“Kehadiran BI Corner secara langsung untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Literasi keuangan masyarakat juga masih rendah. Selama ini buku-buku ekonomi dianggap kering. Dalam BI Corner ada koleksi buku tentang wirausaha juga dan ilmu ekonomi bisa menjadi menarik,” papar Hilman.

Sedangkan Kepala Dinas Perpustkaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan, kehadiran Bianca di Pevita semakin menguatkan predikat Kota Yogyakarta sebagai kota pendidikan. Dia menuturkan Bianca yang ada di Perpustakaan Kota Yogyakarta di Kotabaru mendapat apresiasi cukup positif dari masyarakat karena ada peningkatan kunjungan sejak Bianca diresmikan.

“Selain mengakses koleksi buku bertema perbankan, Bianca juga menjadi tempat yang menarik dan nyaman untuk diskusi, mengerjakan tugas dan mengakses internet. Di masa pandemi Covid-19, kami harap masyarakat tetap memanfaatkan perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan informasi dan pendidikan. Kami kedepankan protokol kesehatan secara maksimal,” ucap Wahyu. (Tri)

Read previous post:
Jebol Eternit, Maling Gondhol Belasan HP Hingga Laptop

Close