Lawrence Billy Raih Dua Penghargaan di LENSA SCREEN 2020

LAWRENCE Billy Vasco Djama mahasiswa Fakultas Bioteknologi Angkatan 2017 Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta berhasil meraih dua penghargaan dalam ajang LENSA SCREEN 2020. Melalui esai berjudul ‘APAV: Amicitiam Persona Anti-Virales’, Lawrence Billy berhasil menyabet dua kategori sekaligus yakni Juara II dan Best Paper.

Menurut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama (WD III) Fakultas Bioteknologi UKDW, Drs Djoko Rahardjo MKes, Lomba Esai Nasional SCREEN 2020 (LENSA SCREEN 2020) adalah ajang kompetisi penulisan esai yang diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat Fakultas (UMKF), yakni YKMF Penelitian SCREEN (Social Community of Research and Empowerment) Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2020.

LENSA SCREEN 2020 ditujukan untuk seluruh mahasiswa D3/D4/S1 sederajat dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta seluruh Indonesia dengan tema ‘Sinergitas Pemuda Melalui Kontribusi Gagasan Membangun Indonesia Maju 2030’ yang terbagi ke dalam tujuh sub bidang meliputi teknologi, sosial budaya, ekonomi, lingkungan, pariwisata, pendidikan, dan kesehatan. 

Sejumlah lima belas finalis LENSA SCREEN 2020 karya esai terbaik yang lolos seleksi selanjutnya melakukan presentasi esai secara virtual. Lawrence Billy sebagai perwakilan dari UKDW Yogyakarta berada pada urutan pertama dari lima belas finalis tersebut ditinjau dari originalitas ide, gagasan, manfaat dan urgensi penelitiannya. Hal menarik lainnya, UKDW Yogyakarta menjadi satu-satunya peserta yang mengambil sub bidang lingkungan dari ke-15 finalis tersebut.

Tiga orang juri yang terdiri dari Hardika Dwi Hermawan MSc, Sasiana Gilar Apriantika SPd MA MSos dan Benny Setiawan SHi MSi mengumumkan pemenang dari perlombaan tersebut pada hari Minggu, 13 September 2020.

Juara I diraih oleh Maulana Derifato Achmad dari Universitas Brawijaya dengan judul penelitian SIC: Smart Integration Class sub bidang Pendidikan. Sementara itu Lawrence Billy dari UKDW Yogyakarta dengan judul penelitian APAV: Amicitiam Persona Anti-Virales berhasil menyabet dua kategori sekaligus yakni Juara II dan Best Paper.

Juara III diraih oleh Oki Nur Aris Irfangu dari Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul penelitian Optimalisasi Wisata Berbasis Digital Berbasis OVOP (One Village One Product) Plus Tourism dan Social Entrepreneurship di Ketingan DIY sub bidang Ekonomi. Sedangkan predikat Best Presentation diraih Rachmat Krismono dari Universitas Gadjah Mada dengan judul penelitian NIRBANA-Relief Reader: Perangkat Lunak Berbasis Sistem Identifikasi (SiRel) Sebagai Media Pengelolaan Candi di Indonesia sub bidang Teknologi. (*)

 

Read previous post:
Gelar Konferda 24-26 September, PWI DIY Gelar Pemilihan Ketua

Close