Pemda DIY Gelar Lomba Pasar Siaga Covid-19

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Sebanyak 16 pasar di kabupaten kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta tercatat mengajukan diri untuk mengikuti lomba Pasar Siaga Covid-19. Setelah melalui verifikasi administratif tahap pertama, 11 pasar dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya.

Lomba Pasar Siaga Covid-19 merupakan upaya Pemda DIY memutus mata rantai penularan Covid-19 terutama di tempat umum, dalam hal ini pasar.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinkes DIY, Muhammad Agus Suprianto mengatakan, lomba juga bertujuan untuk mengukur kesiapan pasar dalam penerapan protokol kesehatan sehingga dapat dijadikan percontohan dan menuntut setiap pasar agar berlomba-lomba mewujudkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

“Lomba bukan untuk menjudge (menghakimi) kondisi pasar tertentu. Namun untuk mengatakan bahwa ada pasar yang bagus dalam penerapan (protokol) Covid-19 dan bisa menjadi contoh,” ungkapnya saat penjurian salah satu pasar di Sleman, Kamis (13/8).

Tim verifikasi berasal dari Dinas kesehatan DIY yang terdiri atas unsur kesehatan lingkungan kerja dan promosi kesehatan. Adapun tiga indikator yang digunakan untuk penilaian meliputi persyaratan dokumen, legalitas atau pengesahan dokumen, dan penilaian awal terkait protokol kesehatan Covid-19.

Penjurian dilakukan Rabu hingga Jumat (12-14/8) pada jam operasional pasar yakni pukul 06.00 hingga 10.00 WIB dan memungkinkan penambahan hari bila diperlukan.

Lima pasar terbaik dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 akan dipilih setelah melalui penjurian yang ketat dengan kategori ‘best of the best’, juara 1 dan 2 kelas A serta juara 1 dan 2 kelas B. “Lima juara akan kita bawa untuk percontohan,” imbuh Agus.

Bagi kelima pemenang, akan diberikan dana pembinaan dan piala sebagai simbol bahwa pasar tersebut layak mendapatkan penghargaan dan masuk dalam kriteria pasar yang patuh pada protokol Covid-19 sehingga pengunjung pasar juga merasa yakin dan aman saat berkunjung.

“Kami berharap nanti bulan November atau Desember bisa diadakan lagi secara rutin. Kami ingin menumbuhkan brand image bahwa pasar mampu untuk melindungi diri (karena patuh terhadap protokol kesehatan),” jelasnya. (C-4)

Read previous post:
Penguatan Koperasi di Sektor Pangan

KOPERASI melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Diantara bermacam-macam jenis koperasi salah satunya adalah koperasi agrobisnis

Close