12 Juta UMKM Bakal Disuntik Bantuan Rp 2,4 juta

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Kementerian Koperasi dan UKM berencana menggulirkan program insentif bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berupa bantuan bagi 12 juta UMKM yang belum tersentuh bank dan menerima pembiayaan.

“Angkanya sekitar Rp 2,4 juta untuk tiap pelaku usaha,” ungkap Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, Rabu (5/8) saat berkunjung ke Pasar Beringharjo.

Teten mengatakan, pihaknya diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk mempelajari kebutuhan UMKM di masa pandemi Covid-19 mengingat 99 persen perekonomian ditopang UMKM. Sehingga penting bagi UMKM untuk bertahan dalam mengembangkan usahanya di tengah pandemi Covid-19.

“Pemerintah mengevaluasi program ekonomi nasional agar betul cepat berjalan dan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan UMKM,” imbuhnya.

Teten menyebut saat ini pemerintah telah menyiapkan skema program pembelian produk UMKM dan bagaimana agar dapat terserap oleh pasar. Adapun besaran angka pembelian produk UMKM masih digodok pemerintah. Selain itu dilakukan penguatan kapasitas melalui sejumlah program diantaranya pendekatan ke pasar dan go digital guna memperluas akses pembiayaan.

“Nilanya masih kita godok, diharapkan bisa meningkatkan penjualan UMKM,” imbuhnya.

Sebelumnya Sekda DIY, Baskara Aji juga mengungkapkan Pemda DIY akan memberikan stimulus bagi UMKM berbentuk modal bagi UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. “Kita fokus usulkan ke Kementerian Koperasi dan UMKM, bagi UMKM yang belum tersentuh bank,” ujarnya. (C-4)

Read previous post:
Dirikan Sekolah Golf, PGI Bidik Anak-Anak Kulonprogo

WATES (HARIAN MERAPI) - Masyarakat Kulonprogo mulai dikenalkan dengan olahraga golf. Persatuan Golf Indonesia (PGI) Kulonprogo bahkan berencana mendidik anak-anak

Close