Uji Coba Pembukaan Pendidikan di DIY Dimulai dari Universitas

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Pemda DIY berencana membuka sektor pendidikan di tengah pandemi Covid-19. Skema direncanakan akan dimulai pada tingkat perguruan tinggi atau universitas secara bertahap, disusul dengan anak sekolah tingkah SMA/SMK dilanjutkan hingga TK dan PAUD.

Rencana ini mempertimbangkan kematangan, kesadaran dan kesiapan mahasiswa dalam menjalankan protokol Covid-19 secara ketat. Para mahasiswa dinilai lebih matang dan nalar dalam penerapan protokol dibandingkan anak-anak.

“Kita masih menunggu kehadiran mahasiswa dan anak-anak sekolah. Jadi risiko-risiko itu kan gede (besar) banget. Mau saya sekolah ya dimulai kampus dulu baru belakangan baru PAUD, bukan PAUd dulu baru mahasiswa. Resikonya terlalu besar anak-anak kita,” ungkap Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, Senin (3/8) di Kompleks Kepatihan.

Sekda DIY, Baskara Aji mengatakan pembelajaran tatap muka tidak boleh diputuskan secara gegabah, apalagi bagi anak usia sekolah. “Uji coba justru ada di mahasiswa. Kalau mahasiswa udah masuk maka lebih mudah diatur ya, tapi kalau anak-anak TK dan PAUD gak mungkin jaga jarak, pakai masker aja juga susah,” ungkapnya.

Uji coba dilakukan pada para mahasiswa karena dinilai lebih siap dan bisa diatur. Standar operasional prosedur (SOP) akan disusun dengan baik dan sedemikian rupa, bagaimana cara memperlakukan mahasiswa termasuk protokol kesehatan di kampus dan metode pembelajaran.

“Oh ternyata seperti ini (uji coba mahasiswa), makanya geser ke SMA, pelan-pelan kita geser (hingga tingkat TK PAUD). Supaya tidak ada klaster pendidikan,” jelas Aji.

Kendati demikian, target untuk penyusunan SOP bagi dunia pendidikan belum dapat dipastikan, sehingga saat ini Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih tetap dilaksanakan sembari menunggu rencana selanjutnya.

“Jangan sampai kita masukkan 3-4 hari (lalu) harus belajar dari rumah lagi (karena ada penularan). Ngarsa Dalem menyampaikan PJJ dikuatkan lagi,” imbuh Aji. (C-4)

Read previous post:
Siswa Terkendala Sarana dan Akses Internet, Guru Berkunjung Mengajar di Balai RW

Close