Siswa Terkendala Sarana dan Akses Internet, Guru Berkunjung Mengajar di Balai RW

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Meskipun belajar jarak jauh atau online sudah diterapkan selama pandemi Covid-19, namun tidak berjalan maksimal. Pasalnya sebagian siswa terkendala terkait ketersediaan sarana dan akses internet untuk belajar online. Solusi sementara dengan menerapkan program Guru Berkunjung di beberapa SD dan SMP negeri di Kota Yogyakarta.

Salah satu orangtua siswa SD Negeri Rejowinangun 3, Mardilah mengatakan, selama wabah Covid-19 pembelajaran dan tugas-tugas dari sekolah anaknya Elang Prima Nusabakti disampaikan secara online. Setiap pagi ada pemberitahuan tugas dari sekolah yang dikumpulkan seminggu sekali.

“Semua online. Kadang gak ada paket data HP-nya. Saya yang ngajari tapi sulit karena anaknya susah diajak belajar,” kata Mardilah kepada Wakil Walikota Yogyakarta Hero Poerwadi saat meninjau program Guru Berkunjung di Kampung Sambirejo, Prenggan, Kotagede, Senin (3/8).

Elang mengaku lebih senang belajar di sekolah dibandingkan belajar secara online menggunakan telepon selular milik ibunya. Dalam kesempatan itu dia mendapatkan bantuan tablet dari program csr perusahaan swasta untuk mendukung belajar online. “Enak belajar di sekolah karena dijelasin guru langsung,” imbuh Elang.

Sementara itu Kepala SMPN 9 Yogyakarta Sugiharjo mengatakan program Guru Berkunjung di SMPN 9 Yogyakarta baru diterapkan untuk siswa berkebutuhan khusus.

“Sudah ada satu anak berkebutuhan khusus slow learner yang didatangi guru. Kalau mengumpulkan siswa belajar tatap muka di sekolah untuk satu sampai empat siswa kami bisa layani. Tapi kalau semua siswa sekolah dengan sistem shif kami belum berani karena harus ada laporan ke gugus tugas kecamatan dan petunjuk dari Dinas Pendidikan,” terang Sugiharjo.

Menurut Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, hasil survei Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta masih ada sekitar 14 persen orangtua terkandala sarana telepon selular untuk belajar online. Sedangkan 34 persen orangtua kesulitan akses internet karena tidak mampu membeli paket data. Untuk mengatasinya ada bantuan dari pihak swasta yang memberikan dukungan sarana bagi sebagian siswa yang membutuhkan. (Tri) 

Read previous post:
Polres Purworejo Bongkar Aksi Curanmor

PURWOREJO (MERAPI) – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Purworejo berhasil membongkar sejumlah aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Berikut tersangka juga berhasil

Close