Loket Drive Thru Cetak E-KTP Ditambah untuk Persingkat Antrean Warga

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Loket pelayanan dan mesin cetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) secara <I>drive thru<P> akan ditambah untuk mengurangi durasi antrean warga. Hal itu mendasarkan pada evaluasi layanan <I>drive thru<P> cetak e-KTP untuk yang hilang maupun rusak di kompleks Balaikota Yogyakarta pekan lalu, antreannya cukup panjang dan lama.

“Kami akan menambah loket pelayanan dengan tiga alat mesin cetak KTP elektronik agar warga tidak terlalu lama antre,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Bram Prasetyo, Senin (6/7).

Bram menjelaskan, loket dan jalur layanan <I>drive thru<P> juga akan dibuat dua yakni khusus jalur antrean kendaraan roda empat dan jalur antrean kendaraan roda dua. Pada layanan <I>drive thru<P> sebelumnya, antrean jalur kendaraan roda empat masih menjadi satu dengan jalur kendaraan roda dua. Loket pelayanan juga hanya menggunakan dua alat mesin cetak e-KTP.

Layanan <I>drive thru<P> cetak e-KTP juga akan dibatasi untuk 150 pemohon. Dia menerangkan, saat masuk jalur layanan <I>drive thru<P> warga akan diberikan nomor antrean. Jika nomor antrean sudah 150, maka layanan <I>drive thru<P> akan ditutup untuk menyelesaikan pelayanan. Namun apabila masih ada waktu sebelum pukul 12.30 WIB, maka layanan <I>drive thru<P> akan dibuka kembali.

“Jadi kami atur dengan sistem buka tutup setiap ada 150 pemohon cetak KTP elektronik. Itu untuk mengurangi antrean panjang biar tidak numpuk dan warga menunggu antrean lama,” ucap Bram.

Dia menyebut pelayanan <I>drive thru<P> cetak e-KTP pada pekan lalu cukup banyak diminati masyarakat sehingga antrean menjadi lama. Pada hari pertama Rabu (1/7) tercatat mencapai 245 warga yang dilayani <I>drive thru<P> cetak e-KTP. Sedangkan hari kedua Kamis (2/7) ada 220 warga yang dilayani cetak e-KTP secara <I>drive thru<P>.

“Kami harap warga tidak memaksakan layanan di hari Selasa saja karena masih ada layanan <I>drive thru<P> di hari Rabu dan Kamis. Biar tidak terlalu lama antrenya,” ujarnya.

Selain itu jaringan internet juga akan didukung dari Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta agar lebih stabil dan pencetakan e-KTP lancar. Diakuinya pada layanan <I>drive thru<P> sebelumnya jaringan masih naik turun sehingga mempengaruhi proses pencetakan e-KTP.

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan sudah meminta Disdukcapil untuk mengurangi antrean dengan menambah loket dan mempersingkat pelaksanaan admnistrasi agar tidak terlalu lama. Jika antrean masih banyak akan dikaji penambahan layanan <I>drive thru<P> di Balaikota maupun disebar di kecamatan. (Tri)

 

Read previous post:
Mahasiswa Sejoli Pembuang Bayi Segera Dinikahkan

Close