Pemda DIY Siapkan Rp 10 Miliar Dukung Pilkada Serentak 2020

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Pemda DIY menyiapkan anggaran sebesar Rp 10 miliar dari APBD DIY untuk pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang di Kabupaten Sleman, Bantul dan Gunungkidul. Saat ini anggaran sudah disiapkan dan sedang menunggu petunjuk teknis.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah DIY, Sugeng Purwanto menjelaskan anggaran yang disiapkan sudah termasuk perhitungan dalam APBD penangganan pandemi Covid-19.

“Sesuai kebijakan yang disepakati anggaran sudah disiapkan, tinggal menunggu juknis pelaksanaan berbagai tahapan dari KPU,” ungkap Sugeng usai rapat dengan Komisi A DPRD DIY dan KPU DIY, Senin (29/6) di DPRD DIY.

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan memberikan apresiasi kepada Pemda DIY dan ketiga pemerintah kabupaten penyelenggara Pilkada yang telah berkomitmen membantu kekurangan anggaran Pilkada.

“Sisa yang tidak dikaver oleh APBD provinsi akan kita ajukan ke KPU RI untuk bisa dicairkan lewat APBN pusat. Akan ada tiga tahap pencairan, saat ini sudah turun tahap pertama untuk dua tahapan,” tuturnya.

Agar diketahui, KPU DIY masih membutuhkan tambahan anggaran sebanyak Rp 28,382 milyar untuk Pilkada di tiga kabupaten dengan kekurangan terbanyak di Kabupaten Sleman Rp 14,985 miliar, disusul Kabupaten Bantul Rp 10,776 miliar dan Kabupaten Gunungkidul Rp 2,619 miliar.

Kekurangan anggaran akan disampaikan ke KPU pusat agar segera mendapatkan suntikan dana melalui APBN. Penambahan anggaran diprioritaskan untuk pengadaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang membengkak dari sebelumnya 4.731 menjadi 6.253 TPS serta alat pelindung diri (APD) bagi petugas KPU serta keperluan protokol kesehatan lainnya, mengingat pelaksanaan tahapan pilkada di tengah pandemi Covid-19. (C-4)

Read previous post:
TMMD Sengkuyung II Pati di Dua Desa

PATI (MERAPI) - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung II/2020 dibuka Bupati Pati H Haryanto bersama Komandan Kodim 0718

Close