Pasar Tradidional di Yogya Nihil Temuan Daging Oplosan

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Hasil inspeksi mendadak pengawasan penjualan daging di pasar-pasar tradisional di Kota Yogyakarta kemarin nihil temuan daging oplosan maupun gelonggongan. Namun sebagian pedagang daging dari luar Yogyakarta tidak tertib memeriksakan ulang dagangannya ke Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Giwangan Yogyakarta.

“Hasil pengawasan kami di Pasar Beringharjo dan Pasar Sentul rata-rata kondisi daging bagus semua. Tidak ada temuan daging gelonggongan maupun campuran atau terkontaminasi misalnya daging sapi dan babi,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto, Selasa (19/5).

Sugeng menyatakan pedagang yang membeli daging yang disembelih di RPH Giwangan dipastikan sudah dilengkapi dengan surat keterangan sehat. Bagi pedagang yang menjual daging dari luar Yogyakarta juga wajib melakukan pemeriksaan ulang atau herkuiring ke RPH Giwangan.

Dalam sidak kemarin ditemukan pedagang daging dari luar Yogya yang menyetori daging ke para pedagang di pasar tidak memeriksakan ulang ke RPH Giwangan, walaupun sudah membawa surat keterangan sehat dari RPH daerah asal. Dia menyampaikan pedagang beralasan repot jika harus mengecekan ulang daging ke RPH Giwangan.

“Ada satu pedagang dari luar kota yang tidak kir ulang atau herkuiring ke RPH Giwangan. Pedagang kami ingatkan dan kami minta jangan diulang lagi. Kalau tidak, bisa kena tipiring,” paparnya.

Menurutnya pedagang daging sapi di pasar juga sudah diingatkan untuk tidak menerima daging dari luar Yogyakarta yang belum mengantong surat herkuiring dari RPH Giwangan. Selama ini untuk daging dari luar Yogya berasal dari Bantul dan Boyolali Jawa Tengah. “Kalau ada temuan lagi, kami bisa menyita barang dan koordinasi dengan Satpol PP untuk proses tipiring,” terangnya.

Sementara untuk penjualan daging beku di luar pasar tradisional pihaknya memastikan juga dikontrol. Tapi masyarakat diharapkan tetap teliti dalam membeli. Dia mengutarakan, penjualan daging beku biasanya dari Bulog maupun swasta sudah mengurus pemeriksan daging dan ada kontrol veteriner yang dicek kualitas mutunya oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta. (Tri)

Read previous post:
Polres Rembang Perketat Penjagaan Jalur “Tikus”

REMBANG (MERAPI) - Petugas Polres Rembang memperketat pengawasan kendaraan pemudik yang melintas di Jalan Pantura maupun Jalan jalur "Tikus". Pengendara

Close