DIKUCURKAN PEMDA DIY MULAI HARI INI-Penyaluran Bansos Dikawal Satpol PP

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Pemerintah Daerah DIY mengalokasikan dana bantuan sosial (bansos) sebesar Rp 203.619.600.000 untuk warga terdampak Covid-19 yang tersebar di DIY. Pembagian bansos dilaksanakan Jumat hari ini.

“Jumlah calon penerima bantuan itu totalnya 169.383 keluarga. Kalau dikalikan untuk kebutuhan selama tiga bulan, anggarannya Rp 203,619 miliar,” tandas anggota Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Sayuri Egaravanda, dalam rapat dengan Komisi A DPRD DIY, Rabu (13/5).

Bansos akan disalurkan selama tiga bulan ke depan. Setiap keluarga menerima Rp 400 ribu per bulan. Bansos merupakan tambahan yang diberikan kepada penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang selama ini menerima bantuan dengan nilai kurang dari Rp 600 ribu perbulan.

Sebelum pandemi Covid-19, penerima program sembako reguler dan perluasan sudah menerima bansos senilai Rp 200 ribu perbulan sehingga mendapatkan tambahan dari Pemda DIY menjadi Rp 600 ribu.

Sementara itu Sekda DIY Baskara Aji membenarkan hal tersebut. Bansos akan dicairkan pekan ini dengan pengawalan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk membantu penertiban.

“Kabupaten dan kota besok Jumat (hari ini) dan Sabtu segera cairkan bantuan sosial masyarakat. Kita mohon pengawalan Pol PP seandainya tidak tertib,” tandasnya, Kamis (14/5) di Kompleks Kepatihan.

Dikatakan Aji, bantuan sosial uang tunai tersebut dicairkan melalui Bank BPD DIY dengan tetap mengikuti protokol keamanan Covid-19 dengan tidak berkerumun. Daftar penerima bansos juga akan ditempelkan di lokasi pengambilan di Desa dan Kelurahan, melibatkan aparatur setempat agar tidak terjadi dobel penerima atau warga yang terlewat. (C-4)

Read previous post:
Dana Konsumsi Anggota DPRD DIY Selama Reses Dialihkan Jadi 33 Ribu Paket Sembako

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Anggota DPRD DIY akan memasuki masa reses pada Senin hingga Rabu (18-20/5). Anggaran konsumsi untuk reses

Close