Perpustakaan Yogya Hanya Layani Pinjam dan Pengembalian Buku

SUASANA Perpustakaan Kota Yogyakarta di Kotabaru yang biasanya ramai, menjadi sepi selama hampir sebulan ini. Tak ada pengunjung yang memenuhi bangku membaca buku maupun berselancar dengan laptop dan jaringan internet gratis dari layanan perpustakaan. Ya hanya aktivitas pinjam dan pengembalian buku yang terlihat. Layanan membaca di tempat di Perpustakaan Kota Yogyakarta ditiadakan sementara selama pandemi Covid-19.

“Kami hanya melayani peminjaman dan pengembalian buku selama pandemi Covid-19. Layanan lainnya seperti membaca di tempat sementara ini kami tiadakan atau tutup dulu,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, belum lama ini.

Dia menuturkan penutupan layanan itu untuk mengurangi kerumunan massa dan meminimalisir penyebaran Covid-19. Mengingat Perpustakaan Kota Yogyakarta selama ini banyak dikunjungi masyarakat. Dia menyebut jumlah pengunjung Perpustakaan Kota Yogyakarta berkisar 2.000 sampai 3.000 orang per hari.

“Selama pandemi Covid-19 pengunjung Perpustakaan Kota Yogyakarta mengalami penurunan sekitar 50 persen dibandingkan hari biasanya,” ujarnya.

Waktu operasional Perpustakaan Kota Yogyakarta juga dikurangi selama pandemi virus corona. Dia menyampaikan layanan Perpustakaan Yogyakarta saat ini hanya dari pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB. Sebelumnya Perpustakan Kota Yogyakarta menerapkan layanan 24 jam setiap hari.

“Pelayanan peminjaman dan pengembalian buku dari hari Senin sampai Jumat saja,” imbuh Wahyu.

Dia menjelaskan selama layanan terbatas itu, dilakukan sterilisasi terhadap seluruh sarana dan prasarana pustaka sesuai protokol kesehatan dari Kementerian Kesehatan. Termasuk melakukan penyegaran bahan pustaka. “Kami lakukan pembersihan menggunakan disinfektan sesuai ketentuan kesehatan,” tambahnya.

Meskipun layanan membaca di tempat ditiadakan, tapi masyarakat bisa menggunakan layanan berbasis digital yang dimiliki Perpustkaan Kota Yogyakarta. Dicontohkan ada layanan Diana yakni Digital library Untuk Anda yang berbasis buku eletronik. Syarat utama untuk menikmati layanan Diana adalah terdaftar sebagai anggota perpustakaan terlebih dulu karena untuk mengakses e-book perpustakaan pengguna harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi.

“Masyarakat bisa menggunakan Diana untuk mendapatkan layanan e-book kami. Bisa membaca secara online, sehingga tidak harus datang ke perpustakaan. Tapi harus jadi anggota perpustakaan dulu agar pemustaka yang mengakses tercatat di sistem kami,” ucap Wahyu. (Tri)


MERAPI-ISTIMEWA
Perpustakaan Kota Yogyakarta hanya membuka layanan peminjaman dan pengembalian buku selama pandemi Covid-19.

Read previous post:
Masuk Musim Tanam, Begini Cara Daftar Asuransi Pertanian

Close