Kampus UMBY Rutin Disemprot Disinfektan

USAHA mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 banyak dilakukan pula di perguruan tinggi, termasuk di Kampus I Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Jalan Wates Bantul. Salah satunya rutin melakukan penyemprotan disinfektan di kompleks kampus setempat.

Seperti halnya penyemprotan disinfektan dilakukan di beberapa titik termasuk kompleks Masjid Kampus UMBY, Hikmah Tawakkal. Penyemprotan setiap hari biasa dilakukan pagi sampai siang oleh petugas khusus dari pihak kampus. Adapula jadwal penyemprotan bekerjasama dengan pihak lain. Tak berselang lama, usai penyemprotan ada sepasang pengantin baru beserta fotografernya foto-foto di depan Masjid Hikmah Tawakkal.

Menurut Kepala Bagian Humas UMBY, Widarta SE MM, pengantin baru tersebut rencananya menggelar akad nikah dan walimahan (syukuran pernikahan) di Masjid Hikmah Tawakkal pada waktu tersebut. Namun karena sedang ada wabah covid-19 dan kampus UMBY tak boleh ada kegiatan mengumpulkan masa, akhirnya akad nikah dilaksanakan masjid kompleks KUA Sedayu, sedangkan walimahannya ditunda sampai waktu yang belum bisa ditentukan.

“Penyemprotan rutin disinfektan dan tak boleh ada acara akad nikah maupun walimahan di Masjid Hikmah Tawakkal yang mengumpulkan banyak massa termasuk contoh atau bagian dari usaha mencegah penyebaran virus corona khususnya di lingkungan UMBY dan masyarakat pada umumnya,” ungkap Widarta.

Ditambahkan, sejak saat awal merebaknya virus corona, Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah MSi MM menetapkan kebijakan penting guna mencegah penyebaran infeksi virus covid-19 di lingkungan UMBY antara lain terus mengingatkan dan mendorong seluruh dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan untuk mempraktikkan dan membudayakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sesuai dengan pedoman yang diberikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. Lalu kegiatan perkuliahan dilaksanakan secara E-learning sejak 16 Maret serta direncanakan sampai 25 April 2020.

“Selain itu kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengumpulkan dan mendatangkan banyak orang seperti wisuda, seminar dan sejenisnya ditunda pelaksanaannya sampai dengan waktu yang akan ditentukan kemudian,” terangnya.

Ada lagi kebijakan, semua mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan untuk menunda atau menjadwal ulang perjalanan ke luar negeri. Selain itu Pimpinan Fakultas dan Prodi diminta untuk berkoordinasi dengan Perguruan Tinggi Mitra di Luar Negeri untuk mencari penyelesaian yang sebaik-baiknya. Mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan yang baru datang dari daerah endemik covid-19 diharapkan untuk melakukan self isolation selama 14 hari.

Sementara itu sepasang pengantin baru, yang menunda walimahan di Masjid Kampus Hikmah Tawakkal UMBY Nur Cahyo YH SS dan Rifqi Alisa Bestari SKepNs merasa bersyukur akad nikah sudah berjalan lancar di masjid komplek KUA Sedayu. Selain itu diperbolehkan untuk foto-foto sejenak di Hikmah Tawakkal. “Untuk walimahannya ditunda sampai waktunya aman dan kondusif. Berbagai pihak yang terkait walimahan seperti pihak dekorasi, tenda, makeup, katering, sanak-saudara dan teman-teman yang telah kami undang bisa memakluminya,” jelas Rifqi.(Yan)

 

Read previous post:
Kembali Beraksi, Residivis Curanmor Ditembak

TEMANGGUNG (MERAPI) - Petugas Kepolisian Resort Temanggung terpaksa menembak kaki, seorang residivis pencurian kendaraan bermotor, HR (27) warga Desa Kundisari

Close