Layanan Dokumen Kependudukan Diarahkan Lewat Online

MASYARAKAT yang akan mengakses pelayanan dokumen dan administrasi kependudukan di Kota Yogyakarta diarahkan secara online. Langkah itu untuk mengurangi interaksi tatap muka banyak orang guna mengantisipasi potensi penyebaran virus corona baru. Layanan kependudukan diarahkan melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) dan Whatsapp (WA).

Asep petugas pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta memberikan penjelasan terkait pelayanan kependudukan secara online. Dia menyebut dalam sehari rata-rata ada sekitar 200 orang yang mengakes layanan di Kantor Dindukcapil Kota Yogyakarta. Kini dengan diarahkan secara online, warga yang mengakses layanan di Dindukcapil Kota Yogyakarta menjadi berkisar 120 orang.

“Masyarakat bisa mengakses layanan JSS atau bisa melalui whatsapp. Warga tinggal mengunggah syarat-syaratnya, lalu datang ke Dindukcapil untuk mengambil dokumen yang sudah jadi,” papar Asep sambil menunjukkan alur pelayanan kependudukan melalui JSS dan nomor whatapss, kemarin.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Dindukcapil Kota Yogyakarta Bram Prasetyo menyebut arah pelayanan secara online dioptimalkan dimulai Rabu (18/3). Namun jika ada warga yang sudah datang ke Dindukcapil, tetap akan dilayani.

“Kami optimalkan layanan secara online untuk mengurangi tatap muka antara banyak warga maupun dan petugas. Ini untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus corona,” tambah Bram.

Dia menuturkan ada beberapa nomor Whatsapp yang dibuka untuk melayani kependudukan. Untuk permohonan layanan kependudukan seperti Kartu Keluarga dan e-KTP, Kartu Identitas Anak dan mutasi penduduk bisa menggunakan nomor WA di 082137589077. Sedangkan untuk layanan akta dan pencatatan sipil dilayani di nomor 085156474750 dan untuk kebutuhan konsolidasi nomor induk kependudukan (NIK) dan kartu keluarga dilayani di nomor 089603269011.

“Saat mengakses layanan WA, warga akan diminta menyampaikannya dalam format tertentu. Misalnya menyebutkan nama, NIK, nomor KK, dan keperluannya apa. Untuk layanan administrasi kependudukan di kecamatan, bisa langsung mengakses aplikasi JSS,” jelasnya

Dindukcapil Kota Yogyakarta juga membuka konsultasi layanan telepon di nomor 0274557062 untuk pendaftaran kependudukan dan pencatatan sipil serta di nomor 0274587490 untuk konsolidasi NIK dan KK.

“Jika sebelumnya masyarakat datang ke kecamatan atau dinas untuk mengajukan permohonan, sekarang cukup mengajukan permohonan secara online. Jadi cukup datang sekali saja ke kantor pada saat mengambil dokumen,” tutur Bram.

Namun diakui Bram, masih ada beberapa layanan kependudukan yang harus dilayani secara langsung di kantor dinas dan kecamatan. Misalnya perekaman data kependudukan untuk pencetakan e-KTP.

Secara terpisah Camat Gondomanan Budi Santoso mengatakan, Kecamatan Gondomanan siap memberikan pelayanan administrasi kependudukan secara online melalui aplikasi JSS. Namun diakuinya selama ini masih banyak masyarakat yang lebih senang mengakses layanan secara langsung di kecamatan.

“Kami akan terus mendorong warga mengakses layanan di JSS daripada harus datang untuk mencegah potensi persebaran Covid-19. Di layanan JSS ada SIM Warga, untuk layanan surat warga pengantara RT/RW. Seluruh RT dan RW di kecamatan tersebut juga sudah dimasukkan sebagai admin dalam menu SIM Warga,” pungkas Budi. (Tri)

Read previous post:
Jalan Munggur Jadi Searah Tapi Masih Dilanggar Pengendara

GONDOKUSUMAN (HARIAN MERAPI) - Jalan Munggur sisi utara sudah diberlakukan satu arah sejak lama. Pengendara dilarang belok kiri ke Jalan

Close