Pasar Prawirotaman Rampung Juni 2020, Lantai Atas untuk Rumah Kreatif

MERGANGSAN (HARIAN MERAPI) – Revitalisasi Pasar Prawirotaman Kota Yogyakarta terus dikebut karena ditargetkan harus selesai pada Juni 2020. Bangunan pasar berlantai empat itu nantinya tak hanya menjadi pasar tradisional jual beli bahan pokok. Tapi juga bakal menjadi rumah kreatif untuk mendukung ekonomi kreatif di Kota Yogyakarta.

Kepala Bidang Pengembangan Penataan dan Pendapatan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Yogyakarta Gunawan Nugroho Utomo mengatakan pembangunan revitalisasi Pasar Prawirotaman harus selesai Juni 2020. Setelah ada serah terima bangunan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ke Pemkot Yogyakarta, pedagang akan kembali menempati Pasar Prawirotaman.

“Rencananya lantai basement untuk parkir. Lantai satu, dua dan tiga untuk pedagang Pasar Prawirotaman. Lantai empat atau paling atas rencananya untuk rumah kreatif,” kata Gunawan, Senin (24/2).

Dia menyatakan konsep rumah kreatif akan menampilkan produk- produk kreatif, kuliner, tempat untuk workshop kreatif, ruang kerja bersama atau coworking space dan sarana proses produk ekonomi kreatif. Dicontohkan ekonomi kreatif modern dengan penyediaan studio rekaman maupun penyiaran bagi para pembuat konten kreatif di media sosial.

“Rumah kreatif tidak hanya showroom dan jual beli produk ekonomi kreatif. Tapi juga aktivitas kreatifnya,” ujarnya.

Dia menyampaikan produk ekonomi kreatif memiliki jenis yang bermacam-macam. Oleh sebab itu konsep rumah kreatif tidak hanya mewadahi kreativitas secara konvensional seperti produk kerajinan. Tapi juga ekonomi kreatif modern seperti dari sisi digital startup dan pembuat konten.

“Jadi rumah kreatif itu rumah bersama untuk ekonomi kreatif. Arahnya Pasar Prawirotaman bisa menjadi jembatan bagi teman-teman untuk berkreativitasl. Kreatif secara modern maupun kreatif aspek budaya,” terang Gunawan.

Dia menjelaskan untuk pengisian rumah kreatif di Pasar Prawirotaman akan diseleksi. Diskusi-diskusi mengenai rumah kreatif tersebut juga telah dilakukan. Disperindag Kota Yogyakarta dan Tim Pemkot Yogyakarta, lanjutnya, masih terus mematangkan konsep rumah kreatif itu.

Sementara itu Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta Nurcahyo Nugroho menyebut, dari hasil peninjuan komisi B dan Disperindag Kota Yogyakarta, progres pembangunan Pasar Prawirotaman mencapai sekitar 38 persen. Menurutnya target sampai bulan Juni nanti baru pasar bagian bawah dulu yang berjalan sampai ada penyerahan aset dari pusat ke Pemkot Yogyakarta.

“Untuk konsep rumah kreatif masukannya ada konektivitas atas pelaku seni, ada studio mini digital, ada kuliner, kelas yoga, bahkan kafe layak anak. Kendalanya untuk penyerahan aset bisa lama. Makanya ini rumah kreatif ini dimatangkan dulu konsepnya, masih terbuka dengan masukan dari pihak terkait,” ucap Nurcahyo. (Tri)

Read previous post:
SAKIP RAIH PREDIKAT AA-Pemda DIY Terbaik se-Indonesia

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Pemda DIY kembali raih predikat AA pada penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemda (SAKIP) yang diserahkan

Close