Komunitas PaSal Klarifikasi Tudingan Netizen

KOMUNITAS Paseduluran Saklawase (PaSal) banyak bergerak di bidang sosial kemanusian. Salah satu agendanya, yakni setiap harinya berbagi 25 nasi box gratis dan bekerjasama dengan Evi Ayam Panggang. Selain itu PaSal juga punya agenda sosial lain seperti rutin memberikan bantuan berupa pasang listrik gratis untuk musola, bedah rumah dan bantuan kursi roda.

Dengan banyaknya agenda kegiatan tersebut, akhir-akhir ini nama PaSal dicatut oknum tak bertanggung jawab dengan meminta bantuan dana buat kegiatan tersebut, terutama di tempat keramaian seperti di Alun-alun Utara Yogya dan Tugu Pal Putih Yogya.

“Dengan dalih banyaknya kegiatan tersebut oknum yang mengatasnamakan PaSal sosial157 tersebut meminta sumbangan dengan minimal sumbangan Rp 10.000 yang langsung disuruh memasukkan ke celengan atau tabung yg dibuat celengan, dan untuk meyakinkan korban di suruh buka langsung IG maupun FB PaSal,” ungkap Ketua Umum PaSal, Sayidnoadji dalam siaran pernya, kemarin.

Ditambahkan Sayidnoadji, dimohon kepada segenap lapisan masyarakat agar jika mengetahui kejadian serupa sudi kiranya mengklarifikasi dulu ke admin PaSal, benar tidaknya ada kegiatan tersebut. Sehingga akan bisa dipastikan, seandainya PaSaL mengadakan penggalangan dana di tempat umum, akan mengenakan atribut PaSal sebagai identitas.

“Jika tidak mengenakan atribut bisa kami pastikan itu bukan anggota kami, karena semua agenda atau kegiatan yang kami lakukan berdasarkan musyawarah dan kesepakatan pengurus,” tegasnya.

Selain itu PaSaL tak pernah menggalang dana di Alun-alun Utara, Tugu Yogya, perempatan-perempatan dan lain-lain. Perlu diketahui juga, PaSal tak pernah menggalang dana di luar grup WA PaSal. Selain itu sumber dana sosialnya dari, murni donatur/pengajuan proposal, pembuatan kaos Tuladha (100 persen untuk kegiatan sosial). Sehingga penggalangan dana di luar poin di atas dipastikan bukan dari PaSal.

“Kami akan mencoba mencari oknum tersebut dan bila ketemu dan terbukti akan PaSaL tindaklanjuti dengan cara kita pidanakan orang tersebut dengan dakwaan penipuan mengatasnamakan PaSaL dan pencemaran nama baik PaSaL,” imbuhnya. (Yan)

Read previous post:
Joxzin Kulonprogo Dukung Kamtibmas

KERJA SAMA antara Brigade Joxin Kulonprogo dengan jajaran Polda DIY perlu ditingkatakan. Hal ini guna menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban

Close