UN SMP di Yogya Bakal Digelar Dua Sesi

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) – Ujian Nasional (UN) berbasis komputer jenjang SMP di Kota Yogyakarta diupayakan dalam dua sesi. Hal itu agar siswa bisa lebih optimal mengerjakan UN saat waktu kondusif karena tidak sampai siang.

“UN berbasis komputer pada SMP dimungkinkan dilakukan sebanyak tiga sesi dalam sehari. Tetapi untuk di Kota Yogyakarta UN dilaksanakan dua sesi dalam sehari,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta, Budi Asrori, Rabu (12/2).

UN berbasis komputer dilaksanakan dalam dua sesi per hari yakni sesi pertama pukul 07.30-09.30 WIB dan sesi kedua pada pukul 10.30-12.30 WIB. Menurutnya dengan mempertimbangkan waktu tersebut maka pelaksanaan UN berbasis komputer yang ideal dilaksanakan dua sesi dalam sehari. Mengingat jika UN digelar hingga sesi ketiga maka dimulai pukul 13.30 WIB.

“Kalau sampai harus menggelar hingga tiga sesi, sesi terakhir bisa siang sekali mulainya. Saat siang hari dimungkinkan siswa sudah merasa lelah sehingga hasilnya bisa tidak maksimal,” paparnya.

Pihaknya memastikan ketersediaan komputer mencukupi kebutuhan untuk melaksanakan UN berbasis komputer dua sesi dalam sehari. Setiap sekolah peyelenggara UN minimal menyediakan komputer sebanyak setengah dari jumlah siswa kelas 9. Di samping itu menyiapkan komputer cadangan 10 persen dari jumlah komputer yang harus disediakan.

UN SMP akan dilaksanakan pada 20-23 April 2020. Pelajaran yang diujikan dalam UN adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Mengacu prosedur operasional standar UN tahun 2020 yang ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), alokasi waktu setiap mata ujian 120 menit dengan 40-50 soal.

Untuk mempersiapkan siswa menghadapi UN itu, Disdik Kota Yogyakarta menggiatkan tes pendalaman materi (TPM). Dia menyatakan Disdik akan menggelar sebanyak 2 kali TPM dan tambahan pelajaran. Materi soal latihan tes pendalaman materi maupun tambahan mata pelajaran disesuaikan dengan kisi-kisi UN. Namun dalam persiapan UN tetap harus memperhatikan proporsi yang tepat. (Tri)

Read previous post:
RENCANA PENATAAN TPST PIYUNGAN-Yogya Pastikan Pembuangan Sampah Lancar

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) - Kota Yogyakarta memastikan bisa mengakses pembuangan sampah ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan saat nantinya

Close