Bulgaria Undang DIY Ikuti Forum Seni dan Bisnis

DANUREJAN (HARIAN MERAPI) – Duta Besar RI untuk Republik Bulgaria merangkap Republik Albania dan Republik Macedonia, Sri Astari Rasjid menemui datangi Kantor Gubernur DIY, menyampaikan undangan kepada Pemda DIY untuk berpartisipasi dalam pertunjukan seni dan forum bisnis pada Juni 2020 mendatang di Plovdiv, Bulgaria.

“Rencana 1 Juni. Selama ini diatur seperti itu. Ada pergelaran pertunjukan budaya kontemporer dari Yogya. Satu kelompok musisi kombinasi tarian nusantara akan diadakan di teater luar peninggalan 7.000 ribu tahun lalu,” ungkapnya di Kepatihan, Selasa (14/1) lalu.

Selain rangkaian pertunjukan kesenian yang bersifat kontemprorer, akan diadakan forum bisnis yang akan menjadi wadah bagi Pemda DIY untuk memamerkan banyak hal pada lahan pameran seluas 1.500 meter persegi.

Pada kesempatan yang sama juga dibahas perihal MoU terkait Sister City dann Sister Province mengingat kesamaan Yogyakarta dengan Plovdiv. “Kami melihat ada kesamaan Plovdiv dengan Yogyakarta makanya kami minta pada Sultan untuk menjadikan Yogyakarta sebagai Sister City dengan Plovdiv,” jelas Sri Astari.

Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) DIY, Arief Hidayat mengatakan beberapa hal yang menjadi promosi Pemda DIY lainnya adalah dari sisi IT yaitu cyber security, pendidikan, dan produk UMKM.

Perihal sister city, Arief menjelaskan dikomunikasikan dengan Walikota Yogyakarta. Sedangkan Sister Province, Gubernur memberikan arahan untuk tidak terburu-buru. “Mungkin kita tidak mengejar dulu, mengingat proses cukup panjang harus ada persetujuan DPRD, pembahasan internal di Kemendagri, Kemenlu dan lainnya,” jelasnya.

Ia menjelaskan mungkin kerja sama akan dimulai dengan saling bertukar surat pernyataan kehendak terlebih dahulu dan bisa dilakukan kerja sama pada tataran teknis misal kebudayaan atau pendidikan. (C-4)

Read previous post:
Komunitas Malioboro Tanam Anggrek

KAWASAN Malioboro terus berbenah mempercantik diri. Tak hanya oleh pemerintah setempat dengan melakukan revitalisasi pedestrian Malioboro. Para komunitas di Malioboro

Close