Satu Kelurahan Satu Kampung KB

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) – Kampung Keluarga Berencana (KB) ditargetkan terbentuk satu di tiap kelurahan di Kota Yogyakarta. Pembentukkan Kampung KB dinilai penting untuk meningkatkan kepesertaan KB dan peran keluarga di tengah maraknya pernikahan usia anak maupun kehamilan yang tidak dikehendaki.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengutarakan, kini terdapat 33 kampung KB tersebar di 14 kecamatan di Kota Yogyakarta. Lima Kampung KB di antaranya sudah masuk kategori mandiri yaitu wilayah Gunungketur, Basen Kotagede, Taman Kelurahan Patehan, Rejowinangun dan Cokrodiningratan.

“Kampung KB semula terbentuk basis RW di tahun 2016. Lalu di tahun berikutnya dibentuk Kampung KB basis kampung. Tahun depan arahnya tiap kelurahan ada satu kampung KB,” kata Ema di Balaikota, Jumat (28/11) lalu.

Dia menjelaskan kriteria kampung KB di antaranya, kepesertaan KB rendah, daerah miskin dan memiliki kawasan kumuh. Dengan dibentuk Kampung KB diharapkan juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Tak hanya terkait kependudukan, tapi juga potensi di kampung misal lorong sayur maupun penanganan daerah kumuh yang dikoordinasikan dengan dinas teknis terkait.

Dia menyampaikan, dalam Kampung KB juga dibentuk Bina Keluarga balita, bina lansia, bina remaja dan usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera. Pada remaja juga ada Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Kampung KB juga mendapat dukungan dana sekitar Rp 95 juta dari APBN untuk satu kecamatan yang sudah diatur peruntukannya. Sedangkan dari APBD dukungan pembuatan papan Kampung KB.

Menurut Kepala Bidang KB dan Pembangunan Keluarga Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Yogyakarta Herristanti, sejak dibentuk pada tahun 2016 sampai kini belum bisa diketahui persentase penurunan kemiskinan maupun pernikahan dini hingga peningkatan peserta KB di kampung-kampung KB. Alasannya, data dan pembentukan Kampung KB masih berkembang. (Tri)

Read previous post:
DUKUNG PENGEMBANGAN BANK BPD DIY-Pemkot Yogya Serahkan Tambahan Modal

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) - Pemerintah Kota Yogyakarta menyerahkan tambahan penyertaan modal kepada Bank BPD DIY sebanyak Rp 37,27 miliar pada

Close