Pendopo Ndalem Ageng Notoyudan Keropos, Direhabilitasi Tahun Depan

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) – Bangunan Cagar Budaya (BCB) di Kota Yogyakarta sebagian besar kondisinya sudah rusak. Untuk menanganinya rehabilitasi dilakukan setiap tahunnya. Pada tahun 2020, pendopo Ndalem Ageng Notoyudan bakal direhabilitasi.

“Rencana kami di tahun 2020 rehabilitasi BCB Ndalem Ageng Notoyudan pada bagian pendopo,” kata Kepala Bidang Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Yogyakarta, Pratiwi Yuliani, Kamis (7/11).

Dia menyampaikan, pendopo Ndalem Ageng Notoyudan direhabilitasi karena kondisi bangunannya sudah keropos. Pasalnya bangunan sudah lama dan tidak terawat. Pendopo selama ini juga masih digunakan untuk aktivitas masyarakat. Tidak jauh dari lokasi pendopo juga ada taman kanak-kanak, sehingga perbaikan dinilai penting agar tidak membahayakan warga yang beraktivitas di sekitar.

“Pendopo masih digunakan untuk aktivitas. Makanya direhab. Dikembalikan seperti aslinya,” ujarnya.

Pertimbangannya lainnya adalah Ndalem Ageng Notoyudan sudah berstatus sebagai BCB dengan surat keputusan walikota. Bangunan juga memiliki nilai sejarah. Dia menyatakan Ndalem Ageng Notoyudan termasuk ndalem kepangeranan, sehingga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan Kraton Yogyakarta.

“Ndalem Ageng Notoyudan dulu menjadi markas gerilya, sehingga memilik nilai sejarah penting. Ndalem kepangeranan juga sehingga menjadi penanda eksistensi Kraton Yogyakarta, bagian yang tidak terpisahkanya,” tutur Pratiwi.

Rencananya rehabilitasi pendopo Ndalem Ageng Notoyudan menggunakan dana keistimewaan DIY. Dia menyebut untuk merehabilitasi pendopo tersebut perkiraan rencana anggarannya sekitar Rp 2 miliar.

Ndalem Ageng Notoyudan berada di wilayah Kelurahan Pringgokusuman Kecamatan Gedongtengen. Bangunan Ndalem Ageng Notoyudan berarsitekur rumah adat Jawa yakni joglo yang terdiri dari pendopo, tratag, pringgitan, ndalem ageng lengkap dengan senthong, gadri atau ruang keluarga atau ruang makan hingga pawon atau dapur di bagian belakang. Bangunan pringgitan Ndalem Ageng Notoyudan sudah direhabilitasi pada tahun 2018. (Tri)

Read previous post:
Bentuk Karakter Lewat Belajar di Luar Kelas

PARA siswa MAN 2 Wates, Kulonprogo, terlihat lebih bersemangat, Kamis (7/11). Pasalnya, hari itu mereka mendapat kesempatan untuk melaksanakan kegiatan

Close