Peringati Sumpah Pemuda dengan Berkarya

MEMPERINGATI hari Sumpah Pemuda, sejumlah kegiatan akan diadakan di Kota Yogyakarta selama hampir sepekan di atrium Malioboro Mall pada 22-27 Oktober 2019. Mulai dari pemuda Yogya mencari bakat hingga ekspo karya anak muda. Kegiatan itu memberikan ruang positif bagi anak muda dalam merayakan Sumpah Pemuda.

“Yogya mencari bakat tahun ini berupa kompetisi musik akustik. Bakat musik dan menyanyi dipilih karena peminatnya banyak. Terutama dari kalangan akan muda,” kata Kepala Bidang Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Yogyakarta, Wisnu Sanjaya, dalam jumpa pers di Balaikota, Selasa (8/10).

Menurutnya kegiatan mencari bakat pada bidang musik itu pada tahun pertama peminatnya tinggi, bahkan peserta dari luar daerah. Itu karena tidak dibatasi syarat peserta warga KTP Yogyakarta. Selama dua tahun ini ajang tersebut mensyaratkan warga-KTP Yogyakarta, setidaknya satu orang dalam satu grup peserta.

“Minatnya cukup tinggi karena target selalu terpenuhi, sehingga kami memilih bakat anak muda pada bidang musik,” ujarnya.

Kegiatan pemuda Yogya mencari bakat sendiri akan diadakan pada 25 Oktober di Malioboro Mall. Tahun ini musik yang harus dimainkan adalah akustik dengan peserta gruup berusia 16-30 tahun.

Kepala Seksi Pengembangan Pemuda Dispora Kota Yogyakarta Husni Eko Prabowo mengatakan, dalam kegiatan selama enam hari itu juga akan menampilkan ekspo karya pemuda Kota Yogyakarta. Ekspo melibatkan usaha anak muda binaan forum kewirausahaan pemuda.

Selain itu akan dimeriahkan dengan lomba dance Pemuda Yogya pada 22 Oktober dan tari kreasi Pramuka pada 24 Oktober. Ada pula festival shalawat Jawa yang diadakan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia. Termasuk pentas seni pada hari terakhir.

“Pada 27 Oktober para pemuda akan berorasi dan edukasi membagikan selebaran ke masyarakat bahwa pemuda Yogyakarta bisa berkarya,” imbuh Husni. (Tri)

Read previous post:
KURSI HARYADI DIGOYANG-Golkar DIY: Kondisi Partai Stabil

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Kondisi partai Golkar di Yogyakarta saat ini stabil, bila ada hantaman isu dari luar merupakan sebuah

Close