Mahasiswi UAJY Karananda Siregar Jadi Duta Bahasa DIY 2019

Karaninda Siregar juarai Duta Bahasa DIY 2019. (HARIAN MERAPI-ISTIMEWA)

KARANINDA Siregar, mahasiswi Fakultas Hukum angkatan 2018 berhasil menjadi Juara I dalam Pemilihan Duta Bahasa DIY 2019 yang berlangsung di UIN Convention Hall Yogyakarta, Jumat (19/7) lalu. Dia mengangkat isu-isu mengenai generasi muda yang mencampuradukan bahasa Indonesia dengan bahasa asing.

Keikutsertaan Ninda dalam Pemilihan Duta Bahasa 2019 berawal dari seleksi hingga audisi yang digelar. Ajang ini bertujuan untuk mencari sosok pemuda yang bisa menjadi pionir untuk melestarikan Bahasa di era sekarang ini, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, dan Bahasa Asing.

Setelah dua minggu mengikuti proses dari awal pendaftaran hingga mengikuti banyak tes seperti pentas menari, test Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) dan juga membuat program kerja, akhirnya Ninda dapat lolos hingga tahap Grand Final. Ninda sangat tidak menyangka bahwa ia akan lolos sampai tahap Grand Final yang nantinya akan diajukan ke tingkat Nasional.

Ninda menyusun program kerja bertajuk “Ikatan Pemuda” yang terdiri dari 3 program kerja yaitu, kunjungan, gathering atau kumpul bersama, dan pekan Bahasa dan Sastra. Agenda kunjungan sendiri dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2019 di SLB 1 Bantul.

Dalam ajang pemilihan Duta Bahasa DIY 2019 ini, Ninda menjelaskan tentang isu-isu kecil seputar pemuda sekarang yang sudah mulai meninggalkan bahasa asli Indonesia. Tetapi mencampuradukan dengan bahasa asing. Tantangan dalam mengikuti Duta Bahasa DIY 2019 yaitu harus belajar menggunakan Bahasa Jawa Kromo.

“Iya, karena memang aslinya saya bukan orang Jawa jadi di sini aku dituntut untuk bisa Bahasa Jawa Kromo. Sempet sampai privat sih sama temenku,” ujar gadis berdarah Batak ini.

Ninda berharap setelah menjadi Duta Bahasa 2019, ia dapat memperbaiki dan memotivasi diri sendiri ini serta dapat menjalankan program kerja “Ikatan Pemuda” dengan lancar. Ia juga berharap untuk dapat memberikan semangat kepada anak-anak difabel agar memperoleh ilmu dan masa depan yang sama lewat literasi

“Saya berharap banyak pemuda di sini (UAJY), yang mau belajar lagi tentang Bahasa meskipun kita dari banyak etnis budaya yang berbeda,” ucapnya. (C-2)

Read previous post:
ROTASI GURU DI GUNUNGKIDUL: Disdikpora Tunggu Juknis

WONOSARI (MERAPI) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul menunggu petunjuk teknis (juknis) menindaklanjuti wacana rotasi guru yang

Close