Kreativitas Pelaku Kerajinan Diganjar Dekoya Award

Ketua Dekranasda Kota Yogyakarta menyerahkan penghargaan Dekoya Award kepda pelaku usaha kerajinan setalah melalui tahap penilaian. (MERAPI-ISTIMEWA)

SEJUMLAH pelaku usaha kerajinan di Kota Yogyakarta dari anggota Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Yogyakarta mendapatkan penghargaan. Pemberian penghargaan Dekoya Award itu sebagai bentuk apresiasi atas kreativitas dan eksistensi para pelaku kerajinan dalam menciptakan produk dan mengelolanya.

“Penghargaan ini diberikan kepada anggota Dekranasda Kota Yogyakarta setelah melalui beberapa tahap penilaian, survei kepastian usaha dan penjurian oleh juri yang kompeten sesuai kriteria penilaian,” kata Ketua Dekranasda Kota Yogyakarta, Tri Kirana Muslidatun saat penyerahan penghargaan Dekoya Award di Plaza Serangan Oemoem 1 Maret, akhir pekan kemarin.

Dekoya Award yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali itu membagi lima kategori penghargaan yakni kategori originalitas produk, inovasi dan kreativitas produk, manajemen dan pembukuan, strategi pemasaran, dampak sosial dan dampak lingkungan. Dia menyebut lima kategori tersebut diikuti lebih dari 50 anggota Dekranasda Kota Yogyakarta.

Selain itu terdapat dua kategori Bhagaskara sebagai pendatang baru yang memiliki potensi dan Life Achiefment yaitu kategori yang diberikan kepada anggota yang berdedikasi dalam pelestarian budaya dan menjaga keselamatan lingkungan serta selalu berupaya mengembangkan ilmunya kepada masyarakat. Penghargaan Life Achievement diberikan kepada Almarhum Hendri Suprapto selaku pakar dan pemerhati batik warna alam.

“Kami harap pelaku yang mendapatkan penghargaan harus bisa menjadi contoh, bagi para anggota Dekranasda yang lain dan masyarakat. Ini bukan puncak prestasi tapi sebagai langkah awal untuk naik kelas lagi,” tambah istri Walikota Yogyakarta itu.

Pihaknya berharap melalui penghargaan tersebut dapat memunculkan ide-ide kreatif yang dihasilkan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Yogyakarta. Terutama produk yang inovatif dan memiliki ciri khas tersendiri. Termasuk menyebarkan inspirasi untuk tetap eksis dan lebih mengembangkan usahanya ke depan.

“Besar harapannya kegiatan ini memberikan peluang yang makin lebar dalam dikancah perdagangan global. Kegiatan ini merupakan upaya membangun motivasi dan inspirasi bagi UMKM untuk tetap eksis dan lebih semangat mengembangkan usahanya ke depan,” ucap Tri Kirana.

Menurutnya dengan potensi sumber daya manusia dan berbagai sumber kreatif lokal pelaku UMKM mampu mewujudkan kreativitas kota Yogyakarta untuk meningkatkan daya saing produk nasional. Kreatifitas para pelaku usaha kerajinan di Kota Yogyakarta juga mampu mewarnai dan mendukung posisi Kota Yogyakarta sebagai kota wisata dan kota kreatif yang berdampak positif terhadap lingkungan sosial, serta mampu meningkatkan lapangan pekerjaan, sehingga patut di apresiasi.

Salah satu penerima penghargaan kategori originalitas Siti Mucholifah mengaku senanga atas penghargaan itu dan berharap bisa semakin berkembang. Siti dengan usaha kerajinan bernama Huwakaka itu juga semangat untuk berkarya dan berinovasi.

“Harapannya kegiatan Dekoya award selalu diadakan untuk memotivasi UMKM untuk terus berkarya dan berinovasi,” ujar Siti. (Tri)

Read previous post:
Winarsih Raih Hadiah Utama Tabungan Simpeda Bank BPD DIY

YOGYA (MERAPI) - Bank BPD DIY kembali melakukan pengundian hadiah tabungan Simpeda untuk kategori regional DIY. Acara pengundian yang dibalut

Close