Mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan UJB Studi Desa Ponggok Klaten

janabadra.ac.id (Istimewa)

YOGYA (MERAPI) – Mahasiswa program studi Ekonomi Pembangunan Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta mengadakan kegiatan studi desa yang bekerjasama dengan balai besar latihan masyarakat (BBLM) dimana dalam kegiatan ini mahasiswa diajak langsung untuk melihat objek yang dipelajari. Kegiatan ini dilaksanakan Kamis (11/7) lalu.

Pada semester tahun ini, mata kuliah ekonomi khususnya tentang ekonomi perdesaan sengaja ditawarkan oleh dosen pengampu dari praktisi selain akademisi Universitas Janabadra Yogyakarta. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini, diharapkan mampu memahami lebih dalam bagaimana badan usaha milik desa (BUMdes) dibangun dan dikelola dengan baik.

Ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan sekaligus dosen pendamping mahasiswa, Agnes Ratih Ari Indrayani SE MSi menyampaikan dalam melaksanakan kegiatan kuliah lapangan para mahasiswa wajib memahami semua aspek BUMdes yang dipilih pihaknya di Tirta Mandiri, Ponggok, Polanharjo, Klaten.

“Dalam program ini, mahasiswa akan memperoleh banyak pengetahuan dari latar belakang BUMdes sendiri. Untuk itu, mahasiswa yang saya dampingi supaya memahami kegiatan di pedesaan,” papar Agnes.

Berbagai faktor pendorong sekaligus tantangan yang dihadapi mahasiswa untuk pencapaian, pengelolaan serta orientasi masa depan yang kuat. “Semua itu menjadi dorongan atau motivasi bagi generasi muda kita dalam hal ini mahasiswa setelah lulus nanti tidak harus selalu berorientasi ke kota, tetapi tergerak untuk membangun desanya,” tambahnya.

Narasumber kegiatan studi desa ini berasal dari aparat desa Ponggok, Polanharjo, Klaten, lalu direktur BUMdes Tirta Mandiri Joko Winarno SPt serta beberapa pegiat BUMdes Tirta Mandiri yang sekaligus pelatih kegiatan Ekonomi Desa yang telah banyak memberikan pelatihan di banyak daerah di Indonesia. Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke Umbul Ponggok yang merupakan objek wisata yang dikelola BUMdes Tirta Mandiri. (C-2)

Read previous post:
Menu Take Over, Cara Kemenpar Memikat Wisman ke Indonesia

JAKARTA (HARIAN MERAPI)– Kementerian Pariwisata kembali melakukan terobosan untuk menggoda wisatawan mancanegara. Melalui Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner, Kemenpar

Close