Kemajuan Teknologi Dimanfaatkan dengan Bijaksana

Suasana workshop hasil kerja sama UMBY dan iTELL. (MERAPI-ISTIMEWA)

WORKSHOP bertujuan pada kebaikkan atau bermanfaat rutin digelar berbagai pihak. Tak ketinggalan program studi (prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mercu Buana Yogyakarta (PBI UMBY). Workshop selama dua hari bertajuk 2-Day Workshop on ICT ini bekerjasama dengan Indonesia Technology-Enhanced Language Learning (iTELL), Kamis-Jumat (4-5/7).

Kegiatan ini mengusung tema, Developing Core Skills for Teachers by Incorporating ICT into Classroom dan digelar di kampus I UMBY Jalan Wates Km 10 Sedayu Bantul. Adapun iTELL dikenal sebagai asosiasi untuk para pendidik bahasa, praktisi, cendikiawan dan penggemar teknologi pendidikan. “Workshop ini merupakan titik awal program studi Pendidikan Bahasa Inggris untuk memperkenalkan calon lulusan prodi yang berbekal keahliannya dalam EduTech dalam pembelajaran di kelas,” jelas Ka-Prodi PBI UMBY, Elysa Hartati MPd.

Ditambahkan, dengan belajar bersama dalam workshop ini harapannya perkembangan teknologi yang makin canggih ini bisa dimanfaatkan dengan bijaksana. Selain itu pembaharuan ilmu dan keterampilan akan pemanfaatan teknologi dalam pengajaran semacam ini memang sangat penting dalam menghadapi era industri digital.

Hal ini dapat dilihat dari antusiasme peserta yang mendaftarkan diri dalam kegiatan ini. Tidak kurang dari 82 peserta yang mengikuti workshop ini datang dari berbagai macam latar belakang pendidikan, pekerjaan, bahkan ada juga peserta dari luar DIY, misalnya dari Bandung, Purbalingga, Jakarta, Kebumen, Tuban dan Martapura. “Tidak hanya para guru yang antusias mengikuti workshop ini, antara lain ada juga dosen, tutor bahasa Inggris serta mahasiswa yang penuh antusiasme terhadap kegiatan workshop ini,” tandasnya.

Sebagai fasilitator workshop antara lain ada Dr A Gumawang Jati dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Shelia Anjaraini MPd (Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Agus D Priyanto M CALL (Univeritas Sebelas Maret) dan salah satu dosen PBI UMBY Daniel Widhiatama MHum.

Tak ketinggalan, workshop ini mampu menghadirkan suatu metode yang dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar di kelas dengan memanfaatkan teknologi terkini. Secara khusus, kegiatan ini memberikan wawasan kepada para praktisi pendidikan khususnya dalam bidang Bahasa Inggris mengenai cara memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran di kelas, misalnya melalui penggunaan Virtual Glass dan Artificial Intelligence (AI) yang dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai kecerdasan buatan.

“Dengan demikian diharapkan para guru dan praktisi pendidikan pada umumnya menjadi siap menghadapi para siswa yang sangat lekat dengan penggunaan gawai dan internet di era industri digital seperti ini,” papar Elysa. (Yan)

Read previous post:
Strategi Tarik Wisman, Kemenpar Hadirkan TA/TO Malaysia di JITM 2019 Yogyakarta

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Bukti untuk mendukung kesuksesan Jogja International Travel Mart yang (JITM)) 2019 yang berlangsung di Yogyakarta, pada

Close