Uji Sampel Sapi di Yogya Negatif Antraks

Istimewa

UMBULHARJO (MERAPI) – Ternak sapi dan peredaran daging sapi di Kota Yogyakarta aman dari penyakit antraks. Hal itu menyusul hasil uji laboratorium sampel daging, tanah dari kandang ternak sapi dan limbah di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Giwangan, negatif antraks.

“Hasil uji sampel daging, tanah dari kandang ternak dan limbah RPH semuanya negatif. Tidak ada yang dindikasikan positif antraks,,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto, Selasa (11/6).

Sugeng menyampaikan, sejak 5 ekor sapi yang mati karena dugaan antraks di Gunungkidul Mei lalu, pemerintah daerah di sana sudah melakukan lokalisasi agar tak menyebar. Dari hasil uji tes hanya 1 ekor sapi yang positif antraks. Di Kota Yogyakarta juga melakukan antisipasi dengan menguji ternak sapi hingga sampel peredaran dagingnya di pasaran.

“Masyarakat tidak perlu khawatir karena dengan hasil uji semua sampel dari Yogya di Balai Besar Veteriner negatif, sehingga aman daging dan ternak sapinya. Pergerakan sapi yang masuk ke Yogya juga kecil, hanya ke RPH Giwangan,” paparnya.

Dia menyebut kebutuhan daging sapi di Kota Yogyakarta sekitar 6 ton. Kebutuhan daging sapi tersebut dipenuhi dari RPH Giwangan 2 ton dan 4 ton dari Bantul dan Boyolali.

Penyemprotan disinfektan, lanjutnya, juga dilakukan di kandang penampungan sapi di RPH Giwangan. Termasuk pemberian obat antibiotik bagi penjagal dan petugas yang bersentuhan langsung dengan sapi di RPH Giwangan. Sedangkan pada kandang kelompok ternak sapi di Kota Yogyakarta tidak disemprot disinfektan karena pergerakkan sapi dari luar relatif kecil.

“Kandang penampungan di RPH Giwangan disemprot disinfektan karena tempat transit sapi-sapi dari luar Yogya,” ujarnya.

Kandang kelompok ternak sapi di Kota Yogyakarta berada di Kecamatan Kotagede dan Tegalrejo dengan populasi sekitar 200 ekor. Dia mengatakan para peternak sapi di Kota Yogyakarta tujannya untuk sapi potong atau untuk kebutuhan daging di pasaran. Namun untuk pembesaran sapi dan dijual saat Hari Raya Idul Adha. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MALIOBORO MENUJU SEMI PEDESTRIAN-Selasa Pekan Depan, Lalu Lintas Diuji Coba Seharian

UMBULHARJO (MERAPI) - Uji coba semi pedestrian di Malioboro akan dilaksanakan pada Selasa (18/6) pekan depan dari pagi hingga malam

Close