Rutin Disemprot Insektisida, Beringin Korea Tampil Menawan

Tanaman dolar atau beringin Korea cocok ditempatkan di taman. (MERAPI-SULISTYANTO)
Tanaman dolar atau beringin Korea cocok ditempatkan di taman. (MERAPI-SULISTYANTO)

TANAMAN beringin Korea dengan nama lain dolar cocok ditempatkan di taman-taman. Tak jarang dalam suatu taman, tanaman ini menjadi titik pusat atau maskotnya. Agar tampil menawan berbagai perlakuan penting diterapkan, misalnya rutin dipangkas, dipupuk sampai disemprot insektisida dan fungisidia.

“Penyemprotan rutin obat seperti insektisida sampai fungsida antara lain untuk mencegah maupun mengatasi gangguan kesehatan pada tanaman dolar. Selain itu untuk mendukung kesehatan tanaman juga penting untuk rutin dipupuk, baik pupuk model semprot atau dikocor langsung di dekat tanaman,” papar kru penjualan tanaman hias di kawasan Jalan Bantul Yogya, Hartono, belum lama ini.

Dengan kesehatan yang terjaga, lanjutnya, beringin Korea akan enak dipandang maupun tampil mengesankan. Faktor penting lain, agar komposisi tanaman seimbang serta enak dilihat, perlu pemangkasan rutin, baik ranting-ranting, dahan ataupun cabang-cabangnya. Perlakuan seperti ini bahkan bisa menghambat pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman tak bisa tinggi atau besar.

“Apalagi ingin dijadikan sebagai bonsai, rutin pemangkasan penting dilakukan. Selain itu dengan ditempatkan di pot, akan bisa menghambat pertumbuhan dolar dan tingginya tak lebih tiga meter,” tandas Tono.

Ditemui terpisah, warga Langenastran Yogya Hartoko menjelaskan, beringin Korea termasuk mudah perawatan maupun perbanyakannya. Biasa juga tanaman ini disambungkan pada beringin atau preh. Artinya, pohon preh dapat dijadikan sebagai pohon bawah. Adapun cara perbanyakan tanaman, antara lain menerapkan model setek maupun cangkok. Ketika dicangkok, media tanamnya antara lain bisa menggunakan campuran tanah, mos dan pupuk kandang.

“Jika merasa tak telaten menyirami bagian yang dicangkok, proses pencangkokan dapat dilakukan saat musim penghujan,” jelas Hartoko. (Yan)

 

Read previous post:
MERAPI-SAINI AROSYID Helikopter Kamov PK-HVK dikerahkan memadamkan api.
HELIKOPTER SUKSES KURANGI KEBAKARAN-Polisi Cari Pelaku Pembakaran Hutan Sindoro-Sumbing

TEMANGGUNG (MERAPI)-Petugas kepolisian akhirnya turun tangan menyelidiki penyebab kebakaran di Gunung Sindoro dan Sumbing. Polisi kini masih mencari sumber api

Close