Yogya Integrasikan Layanan OPD Dukung Gerakan Smart City

UMBULHARJO (MERAPI) – Pemkot Yogyakarta masuk seleksi 50 kota peserta Gerakan 100 Smart City Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2018. Untuk itu akan dilakukan percepatan perwujudan Smart City di Kota Yogyakarta. Ditargetkan layanan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Yogyakarta akan diintegrasikan pada tahun ini.

“Selama ini sudah banyak aplikasi dan sistem informasi manajemen yang masih jalan sendiri-sendiri di OPD. Kami dorong itu diintegrasikan semua tahun ini, tujuannya untuk pelayanan terpadu Smart City,” kata Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Senin (14/5).

Pihaknya mengklaim semua OPD sudah siap karena selama ini sudah memiliki program layangan yang menggunakan basis teknologi atau Smart City. Dicontohkan pada layanan Dinas Perizinan dan Penanaman Modal, yang hampir semuanya sudah menerapkan layanan secara online. Beberapa OPD juga menggabungkan layanan secara konvensional dan online.

Namun diakuinya pada beberapa layanan kependudukan belum sepenuhnya bisa diterapkan secara online. Terutama pada dokumen yang memerlukan tanda tangan langsung.

Semua layanan aplikasi dan sistem informasi manajeman di 52 OPD Pemkot Yogyakarta nantinya akan diintegrasikan dalam layanan ‘Jogja Smart Service’. Dengan sistem yang terintegrasi itu, lanjutnya, konsekuensinya juga mengintegrasikan data sehingga menjadi data tunggal. Cara ini dinilai akan memudahkan dalam pengelolaan dan pelaksanaan program pemerintah agar tidak tumpang tindih.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi Informartika dan Persandian Kota Yogyakarta Tri Hastono menyampaikan, pemkot akan mendapat pendampingan dari Kemenkominfo dan ITB untuk percepatan perwujudan Smart City. Selain itu ada beberapa tahapan yang harus terwujud sebagai konsekuensi dari Gerakan 100 Smart City di antaranya regulasi terkait arah pengembangan Smart City.

“Minimal regulasi dalam bentuk peraturan walikota dan hasil nyata yang bisa dikategorikan langkah untuk mewujudkan Smart City pada berbagai bidang. Semua aplikasi dan sistem informasi manajemen dan menu yang ada akan diintegrasikan dan dikembangkan,” tandas Tri. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Ambulans Puskesmas Dilengkapi Lifesaving

UMBULHARJO (MERAPI) - Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menambah 7 mobil ambulans bagi Puskesmas tahun ini. Pengadaan mobil ambulans itu telah

Close