Hari Ini Puro Pakualaman Gelar Labuhan di Pantai Glagah

MERAPI-TEGUH Mas Riyo Sestrodirjo
MERAPI-TEGUH
Mas Riyo Sestrodirjo

PAKUALAMAN (MERAPI) – Tradisi labuhan Kadipaten Pakualaman akan digelar di Pantai Glagah, Temon Kulonprogo, Jumat (21/9) hari ini, bertepatan dengan 10 Suro 1952 Be.

Menurut Mas Riyo Sestrodirjo, labuhan tahun ini hampir sama dengan upacara labuhan sebelumnya. Selain akan membawa gunungan hasil bumi berupa gunungan padi dan gunungan palawija melambangkan kemakmuran pangan, juga ada gunungan yang berisi kain-kain yang menjadi simbol kemakmuran sandang.

Selain itu satu tandu berisi pakaian bekas, potongan kuku dan rambut Kanjeng Adipati Paku Alam X dan kerabat, serta dua buah tandu lagi berisi beragam ubarampe sesaji.

“Ada tiga gunungan yang melambangkan kemakmuran pangan dan sandang, ini yang nantinya akan menjadi sedekah bagi warga yang menghendaki. Karena jumlahnya terbatas, sehingga pasti akan menjadi rebutan,” tutur Mas Riyo Sestrodirjo yang bernama asli Ir Rimawan, kemarin.

Menurut Rimawan, manggalayuga atau pemimpin upacara labuhan ini adalah KRMT Projohananto, sedangkan bregada yang akan mengawal arak-arakan gunungan dari Pesanggrahan Pakualaman di Glagah menuju pantai tempat prosesi labuhan adalah bregada Lombok Abang dan Plangkir. Sejumlah kesenian serta berbagai komponen masyarakat akan turut menyemarakkan arak-arakan yang menempuh jarak sekitar 3 km menuju pantai.  (Teguh)

Read previous post:
Ziarah Makam Soeharto, Panglima TNI Ingatkan Jaga Keutuhan NKRI

KARANGANYAR (MERAPI) - Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengingatkan nilai-nilai luhur yang ditinggalkan para tokoh nasional, pantas diteladani. Sebagai

Close