Objek Wisata Batu Seribu Bulu Dikembangkan

 Salah satu kolam renang di objek wisata Batu Seribu Bulu yang akan dibenahi. (MERAPI-Wahyu Imam Ibadi)
Salah satu kolam renang di objek wisata Batu Seribu Bulu yang akan dibenahi. (MERAPI-Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO (MERAPI) – Pemkab Sukoharjo siapkan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar untuk pembenahan objek wisata Batu Seribu di Kecamatan Bulu. Salah satu sasaran pembenahan yakni perbaikan kolam renang. Pengerjaan akan dilakukan Tahun 2018 ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Darno, Kamis (8/3) mengatakan, pengembangan objek wisata Batu Seribu Bulu masuk dalam program Pemkab Sukoharjo Tahun 2018. Pengembangan dilakukan karena kondisi objek wisata Batu Seribu Bulu mengalami kerusakan. Sejumlah fasilitas rusak disebabkan berbagai faktor penyebab seperti usia dan kurangnya perawatan.

Kerusakan tersebut seperti terjadi pada kolam renang dan permainan. Selain itu kondisi jalan akses ke objek wisata juga mengalami kerusakan parah. Kondisi tersebut membuat penurunan drastis pengunjung. Minat masyarakat untuk datang ke objek wisata Batu Seribu Bulu juga turun.

Keseriusan Pemkab Sukoharjo melakukan pembenahan objek wisata Batu Seribu Bulu dilihat dari penyediaan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar. Anggaran sudah ditetapkan dalam APBD Sukoharjo 2018.

“Dalam perencanaan nanti di objek Batu Seribu Bulu akan dilakukan pembenahan kolam renang lama dan pembangunan baru kolam renang. Itu dilakukan sebagai penyediaan fasilitas untuk pengunjung,” ujar Darno.

Pengembangan juga akan dilakukan Pemkab Sukoharjo dengan perbaikan dan penambahan sarana permainan. Termasuk juga arena outbond juga masuk dalam pengembangan fasilitas.

“Jalan sebagai akses masuk ke objek wisata Batu Seribu Bulu juga masuk dalam pembenahan,” lanjutnya.

Persiapan pengembangan dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo masih menunggu Detail Engineering Desaign (DED). DED sudah selesai dibuat dan tinggal menunggu paparan ke bupati direncakan segera dilakukan dalam waktu dekat.

Berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan nantinya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo akan berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya. Salah satunya seperti dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Hal itu dilakukan khususnya berkaitan dengan infrastruktur penunjang seperti jalan dan lainnya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, benar ada program pengembangan objek wisata Batu Seribu Bulu. Anggaran sebesar Rp 2,5 miliar telah disiapkan melalui APBD 2018. Dengan pengembangan tersebut diharapkan ada kenaikan kunjungan pengunjung atau wisatawan. Pengunjung diharapkan tidak hanya datang dari Sukoharjo saja tapi juga daerah lainnya.

“Pengembangan dilakukan dengan pembenahan sejumlah fasilitas penunjang di objek wisata Batu Seribu Bulu seperti kolam renang arena permainan dan jalan,” ujar Wardoyo Wijaya.

Pembenahan diharapkan tuntas sebelum akhir tahun nanti. Sebab dari sisi anggaran telah disiapkan dan termasuk perencanaan.

“Diharapkan setelah ada pembenahan dan kenaikan kunjungan wisatawan maka diharapkan pula ada kenaikan pendapatan daerah dari sektor retribusi pajak objek wisata,” lanjutnya. (Mam)

Read previous post:
Linmas Temanggung Siap Amankan Pilkada

TEMANGGUNG (MERAPI) - Kodim 0706 dan Polres Temanggung mengapelkan personel Perlindungan Masyarakat (Linmas) untuk kesiapsiagaan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)

Close