Masjid Agung Darussalam Mulai Gelar Salat Jumat

MERAPI-Zaini Arrosyid
Warga salat jumat di masjid Agung

TEMANGGUNG (MERAPI) – Masjid Agung Darussalam Temanggung dan sejumlah masjid lain mulai menggelar salat Jumat dan salat fardhu berjamaan secara umum dengan harus memenuhi protokol rumah ibadah.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Temanggung Gotri Wijiyanto mengatakan pengurus masjid diharuskan membuat dan menandatangani surat pernyataan bermaterai tentang kesanggupan menerapkan protokol kesehatan di tempat ibadan.

” Surat ini ditempel pada dinding rumah tempat ibadah untuk diketahui masyarakat. Dan masyarakat harus mematuhi pengaturan yang dilakukan pengurus tempat ibadah,” kata Gotri Wijiyanto, Jumat (5/6).

Dia mengatakan isi protokol tempat ibadah lainnya diantaranya hanya boleh diisi maksimal 50 persen dari kapasitas, dan saat beribadah dengan menerapkan jaga jarak antar jamaah. Jika tidak memungkinkan, maka pengurus penanggungjawab wajib menyiapkan tempat ibadah tambahan untuk menampung jamaah.

Pengurus melakukan pembersihan dan disinfektan secara berkala, menyediakan fasilitas cuci tangan di pintu masuk dan keluar, pengecekan suhu, dan memastikan semua jamaah memakai masker, yang tidak memakai dilarang masuk, serta mempersingkat waktu pelaksanaan ibadah.

” Kami sudah sosialisasi pada pengurus tempat ibadah, dan mereka menyanggupinya,” tegasnya.

Sedangkan perkembangan Covid-19, dia mengatakan, pada Jumat terdapat 2 warga ODP selesai pemantauan dan tidak ada penambahan ODP. PDP ada penambahan 1 orang dan meninggal seorang yang telah dimakamkan sesuai protokol.

” Positif sembuh tidak ada namun ada penambahan warga yang reaktif. Pasien Covid-19 ada 24, PDP ada 33, ODP terdapat 11 dan reaktif 569,” kata dia. (Osy)

Read previous post:
Bagi Santri, Tatanan Normal Baru Makin Sulit

KARANGANYAR (MERAPI) - Ketentuan kembali menjalani kegiatan belajar mengajar (KBM) bagi peserta didik pondok pesantren di masa pandemi Covid-19 tidak

Close