Operasi Ketupat Candi 2020: 3 Pos Pengamanan Sekaligus Penyekatan Pemudik

MERAPI-Zaini Arrosyid Kapolres Temanggung AKBP Muhamad Ali
MERAPI-Zaini Arrosyid
Kapolres Temanggung AKBP Muhamad Ali

TEMANGGUNG (MERAPI) – Kepolisian Resort Temanggung mendirikan tiga pos pengamanan dan satu pos bantu pada Operasi Ketupat Candi 2020. Pos tersebut selain untuk pengamanan sekaligus penyekatan pada masa Pandemi Covid-19.

Kapolres Temanggung AKBP Muhamad Ali mengatakan tiga pos pengamanan didirikan di Bejen, Kledung, dan Kranggan serta satu pos bantu di depan pasar Kliwon Kota Temanggung. Pos di perbatasan untuk penyekatan pemudik. ” Di pos tersebut juga tergabung tim kesehatan, BPBD, Orari, Perhubungan dan lainnya,” kata Muhamad Ali, Jumat (22/5).

Dia mengatakan penyekatan intensif pada malam hari terutama apabila ada kendaraan dari luar daerah seperti Jakarta, Bandung, Bogor dan dari zona merah lain melintas. Kendaraan akan diperiksa apakah membawa pemudik atau warga pulang kampung. Jika membawa warga mudik diusahakan untuk kembali.

Operasi Ketupat Candi tahun 2020, katanya pihaknya menerjunkan 2/3 kekuatan atau sekitar 400 personel. Operasi tahun ini juga berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sebab saat ini masa pandemi Covid-19 sehingga sasarannya juga berubah, yakni selain lalu lintas, pengamanan di jalan juga ada upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Terkait peningkatan arus lalu lintas, sampai H-2 Lebaran 2020 masih cenderung lengang. Tidak ada peningkatan signifikan seperti tahun-tahun sebelumnya. Kondisi tersebut dimungkinkan keberhasilan adanya penyekatan-penyekatan di perbatasan-perbatasan Jawa Tengah seperti di Brebes, Cilacap, dan lainnya sehingga dampak yang ke arah Temanggung juga berkurang.

Dia mengatakan keramaian ada di pusat perekonomian seperti swalayan dan pasar tradisional. Maka itu pihaknya meningkatkan patroli pengamanan. Sembari sosialisasi perlunya menjaga kesehatan, dengan menerapkan protokol kesehatan. (Osy)

Read previous post:
Dejan Antonic: PSS Bisa Juara

SLEMAN (HARIAN MERAPI) - Pelatih kepala PSS Sleman, Dejan Antonic, mengincar gelar juara Liga 1 jika diberi kontrak panjang oleh

Close