Penyandang Disabilitas Temanggung Dapat Paket Sembako

MERAPI-Zaini Arrosyid Penyerahan sembako kepada penyandang disabilitas
MERAPI-Zaini Arrosyid
Penyerahan sembako kepada penyandang disabilitas

TEMANGGUNG (MERAPI) – Penyandang disabilitas sebagai salah satu kelompok rentan dan marjinal mendapat bantuan paket kebutuhan bahan pokok untuk membantu kehidupan akibat terdampak pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Temanggung Prasojo mengatakan bantuan sebagai bentuk kepedulian sosial pada masyarakat terdampak pandemi Covid-19, yang kian hari meluas dan korbannya bertambah banyak.

” Tidak hanya harta, benda namun juga nyawa,” kata Prasojo, disela penyaluran bantuan sosial , Kamis (21/5).

Dia mengajak berpartisipasi segenap masyarakat dalam pemenuhan hak para penyandang disabilitas, terutama pada masa pandemi Covid-19. Mereka termasuk kaum marjinal dan rentan tidak hanya di hari biasa apalagi pada saat ini.

” Bantuan diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Dan berbagai pihak juga turut membantu mereka,” katanya.

Dia mengatakan perlunya menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan virus korona. Di Temanggung sendiri sudah banyak yang terkena virus korona, bahwa sekarang juga ada transmisi lokal, karena diduga banyak orang tanpa gejala di sekeliling.

Dia mengatakan bantuan yang dikucurkan negara antara lain bantuan perluasan sembako untuk 30 ribu KK, Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk 24 ribu KK, bantuan Jaring Pengaman Sosial Provinsi Jateng untuk 6 ribu KK dan JPS kabupaten sebanyak 13.500 KK.

Plt Kepala Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) ‘ Kartini’ di Temanggung, Langgeng Setiawan mengatakan
paket sembako yang disediakan pada penyandang disabilitas dari BBRSPDI berjumlah ratusan dengan nilai per paket Rp 300 ribu

” Seluruh bantuan sebanyak 769 paket untuk 8 kabupaten/kota di Jawa Tengah, khusus di Temanggung 201 paket,” kata dia.

Dia mengatakan dana bantuan didapatkan dari refokusing dana BBRSPDI yang jumlahnya mencapai Rp 230 juta. Daerah yang akan mendapat adalah Kota dan Kabupaten Magelang, Temanggung, Purworejo, Semarang, Wonosobo, Kendal dan Purbalingga.

Isi paket sembako katanya antara lain beras, sabun, gula dan masker batik ciprat buatan penyandang disabilitas di BBRSPDI.

Penerima bantuan, Nanang Hariyanto mengatakan sembako sangat dibutuhkan dirinya dan teman-teman, sebab di masa pandemi Covid-19, tidak lagi berkarya atau bekerja guna mendapatkan uang.

” Kami sangat membutuhkan bahan pokok ini, dan harapannya covid lekas berlalu sehingga kami bisa kembali bekerja dan tidak lagi mengharap bantuan,” kata dia. (Osy)

Read previous post:
Pemkab Gunungkidul Siapkan Protokol Kesehatan di Objek Wisata

WONOSARI (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menyiapkan protokoler kesehatan di objek wisata yang akan diberlakukan setelah pandemi Covid-19. Kepala

Close