• Kamis, 1 Desember 2022

Tragedi Kanjuruhan Malang, PSSI pertimbangkan majukan jadwal malam Liga 1 Indonesia

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 20:40 WIB
Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi (tengah), bersama Wasekjen PSSI, Maaike Ira Puspita (kiri) saat memberikan keterangan terkait tragedi Kanjuruhan di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (2/10/2022).  (ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi (tengah), bersama Wasekjen PSSI, Maaike Ira Puspita (kiri) saat memberikan keterangan terkait tragedi Kanjuruhan di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (2/10/2022). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)


HARIAN MERAPI - PSSI mempertimbangkan untuk memajukan jadwal pertandingan malam Liga 1 Indonesia 2022-2023 pascakerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10), yang mengakibatkan 125 orang meninggal dunia.

"Setelah kejadian itu, ada beberapa pendapat yang menyatakan keinginan untuk mempercepat jadwal atau pertandingan tidak dilangsungkan pada larut malam. Ini menjadi pertimbangan yang baik dan memang harus diakomodasi PSSI dan LIB (operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru-red)," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (2/10/2022), seperti dilansir dari Antara.

Baca Juga: Kapolri: Korban meninggal tragedi Kanjuruhan Malang sebanyak 125 orang

Menurut Yunus, penyusunan jadwal Liga 1 Indonesia 2022-2023 sudah disepakati oleh semua pemangku kepentingan kompetisi termasuk LIB, PSSI, sponsor dan panitia pelaksana pertandingan.

Meski demikian, dirinya tidak menampik terjadi beberapa kondisi yang mengganggu keamanan terutama pada pertandingan malam hari.

"Memang dalam perjalanannya ada hal-hal yang tidak baik khususnya terkait keamanan," tutur Yunus.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan jadi peristiwa kerusuhan terburuk nomor 2 dalam sejarah sepak bola dunia, ini daftarnya!

Persoalan jadwal malam ini sebenarnya sudah dikritik oleh beberapa klub sebelum Liga 1 Indonesia 2022-2023 bergulir.

Tim-tim seperti Persib dan Persebaya menganggap jadwal malam, yang dimulai pukul 20.00 WIB atau 20.30 WIB, merugikan mereka karena dapat mengganggu kesehatan pemain.

Ketika itu, operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengakui bahwa pemegang hak siar berperan dalam penyusunan jadwal tersebut.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X