• Rabu, 7 Desember 2022

Ini yang Diharapkan Ganjar Pranowo dari Hajatan Borobudur Marathon

- Senin, 23 Mei 2022 | 08:10 WIB
Peluncuran Borobudur Marathon Menyapa di Kantor Pusat Bank Jateng Jalan Pemuda, Kota Semarang, Minggu (22/5/2022) malam.  (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)
Peluncuran Borobudur Marathon Menyapa di Kantor Pusat Bank Jateng Jalan Pemuda, Kota Semarang, Minggu (22/5/2022) malam. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG, harianmerapi.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan ajang Borobudur Marathon yang akan dilaksanakan pada 12-13 November 2022 di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, menjadi pemacu kebangkitan ekonomi, dan wisata, sekaligus sebagai ruang kaderisasi atlet lari jarak jauh tingkat lokal maupun nasional.

"Tentunya ini merupakan event yang ditunggu, menjadi usaha kita bersama-sama untuk menyehatkan tidak hanya raga, tapi menyehatkan kembali ekonomi, sosial, termasuk interaksi sosial pelari dengan masyarakat," kata Ganjar saat peluncuran Borobudur Marathon Menyapa di Kantor Pusat Bank Jateng, Semarang, Minggu (22/5/2022) malam, seperti dilansir dari Antara.

Borobudur Marathon tahun ini mengusung tema Stronger to Victory atau menjadi lebih kuat untuk maju menuju kemenangan dan merupakan lanjutan dari tema di tahun sebelumnya yaitu Symphony of Energy atau kesatuan energi untuk terus bergerak maju.

Baca Juga: Aksi Seniman Mural dan Grafiti Goreskan 'Ayo Rukun' di Kawasan Pecinan Kota Magelang

Jumlah target peserta ajang yang sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19 adalah sebanyak 5.000 orang peserta.

"Mudah-mudahan nanti peserta yang dulu ingin ikut dan belum dapat, ya hari ini kuantitasnya bertambah. Mudah-mudahan target 5.000 peserta bisa tercapai," kata Ganjar didampingi Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, dan Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An.

Orang nomor satu di Jateng itu menyebut sport tourism pada Borobudur Marathon juga menjadi ruang bagi daerah wisata untuk mengembangkan sektor pariwisata yang didukung sektor ekonomi dengan menggandeng pelaku-pelaku UMKM di sekitar Candi Borobudur.

Baca Juga: Manchester City Juara Liga Premier Inggris Setelah Menang Dramatis Atas Aston Villa di Pekan Terakhir

"Sport tourism kita genjot, partisipasi masyarakat termasuk UMKM juga kita libatkan sehingga dapat meningkatkan dan mengembangkan perekonomian kita," ujarnya.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X