• Jumat, 8 Juli 2022

Turnamen Catur Cepat Bupati Temanggung Digelar, Dikuti Pecatur PON, Juaranya Atlet Semarang

- Senin, 13 Desember 2021 | 13:23 WIB
Peserta turnamen catur di Temanggung bertanding (foto : dok. Percasi Temanggung )
Peserta turnamen catur di Temanggung bertanding (foto : dok. Percasi Temanggung )

TEMANGGUNG, harianmerapi.com - Turnamen catur cepat Bupati Cup tahun 2021 digelar Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Temanggung.
Turnamen diikuti sekitar seratusan atlet dan digelar di aula SMPN 1 Temanggung.

Tujuan turnamen sebagai sarana mengasah kemampuan para atlet catur dan juga untuk menjaring bibit-bibit unggul dalam olah raga catur.
Ketua Panitia Fajar Shidiq mengatakan peserta dibatasi hanya 100 meski animo peserta sangat tinggi.

"Peserta berasal dari Temanggung dan beberapa daerah lain seperti Banten dan Yogyakarta," kata dia Senin (13/12/2021). Dia mengatakan beberapa pecatur nasional peraih medali emas PON Papua juga ikut ambil bagian.

Baca Juga: Pecatur Jabar Puncaki Klasemen Kejurnas Catur di Yogya

Dikatakan turnamen kali ini hanya mempertandingkan satu kelas yaitu kelas umum. Sementara kelas lain untuk tahun ini sengaja tidak dipertandingkan untuk mengurangi jumlah peserta karena masih dalam suasana pandemi.

Dikatakan turnamen juga untuk mencari juara putra daerah. Bagi atlet catur asal Temanggung yang mempunyai point tertingi akan menerima trophy dan uang pembinaan. Sementara itu sekretaris pengurus Percasi Kabupaten Temanggung Husein mengatakan tujuan diselenggarakan kejuaraan ini adalah untuk mengasah kemampuan para atlet catur khususnya atlet catur Temanggung dan juga untuk menjaring bibit bibit unggul dalam olah raga asah otak ini.

“Turnamen ini adalah kegiatan rutin tiap tahun, yang mempunyai harapan khususnya bagi Atlet Temanggung bisa menimba ilmu, mempunyai pengalaman bertanding dengan atlet luar daerah,” terangnya.

Ketua Umum KONI Temanggung, Tomy Eko Kartika mengatakan KONI Temanggung sangat mendukung penuh adanya Turnamen Bupati Temanggung Cup, dari turnamen ini Koni berharap ada atlet atlet yang berpresatasi dikancah yang lebih tinggi seperti Dulongmas, Porprov ataupun PON.

Baca Juga: Dispora Award 2021, Pemkab Sukoharjo Beri Penghargaan Atlet dan Pelatih Olahraga Berprestasi

“Kita tahu catur merupakan salah satu cabor andalan Kabupaten Temanggung yang sering membawa medali, dengan turnamen ini KONI berharap muncul atlet atlet yunior sebagai upaya regenerasi atlet khususnya di Kabupaten Temanggung,” kata dia.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X