SIAPKAN UJI COBA SELEVEL – PSS Antisipasi Mundurnya Jadwal

SIAPKAN UJI COBA SELEVEL - PSS Antisipasi Mundurnya Jadwal
SIAPKAN UJI COBA SELEVEL – PSS Antisipasi Mundurnya Jadwal

SLEMAN (MERAPI) – Liga 2 yang dijadwalkan bakal digelar mulai 3 Maret 2018 mendatang diprediksi mundur. Wacana ini mengganggu persiapan peserta, tidak terkecuali PSS Sleman. Namun, adanya wacana penundaan ini segera diantisipasi tim pelatih dengan membuat program latihan cadangan.

Salah satunya dengan menambah waktu latihan fisik pada 23 pemain Laskar Sembada. Sebelum memulai program itu terlebih dulu tim pelatih mengukur fisik para pemainnya di pusat kebugaran Universitas Negeri Yogyakarta, Kamis (25/1) kemarin.

“Tadi kami coba untuk mengukur repitisi maksimal para pemain sebelum masuk program fisik yang disiapkan karena ada kemungkinan jadwal Liga 2 molor. Hasil tadi akan digunakan untuk patokan latihan fisik,” kata Pelatih Fisik PSS, Komarudin, Kamis (25/1) kemarin.

Dari timeline fisik yang sudah disiapkan Komarudin, PSS punya waktu efektif enam minggu untuk latihan. Dari enam pekan itu, Komarudin menjadwalkan para pemain latihan fisik penuh mulai pekan ini. Lalu dua pekan mendatang mereka akan mencampurkan latihan fisik dan taktik. “Diakhiri dengan latihan taktik, fisiknya dikurangi. Jadwalnya dua pekan setelah proses kedua yaitu mencampurkan fisik dan taktik,” sambungnya.

Pekan ini ia akan mencoba latihan fisik di ruang terbuka. Selain mencoba medan yang berbeda, seperti di pegunungan, dataran tinggi candi, dan pantai, latihan di ruang terbuka ini dilakukan untuk mencegah pemain dari kebosanan. Namun rencana itu bisa terlaksana andai jadwal Liga 2 benar-benar molor. “Soalnya dua minggu dari sekarang sampai pertengahan Februari masih ada program fisik. Ini kalau Maret kick off Liga 2 benar-benar tidak mundur,” bebernya.

Di tengah agenda itu manajemen dan tim pelatih juga merencanakan uji coba tim satu level. Rencananya pertengahan Februari mendatang Laskar Sembada akan beruji coba dengan Persiba Balikpapan di Yogyakarta, terlebih lagi Persiba memang merencanakan pemusatan latihan di Yogyakarta. Asisten Manajer PSS, Dewanto membenarkan perihal ini. “Ada wacana itu tapi nanti akan dikomunikasikan setelah latihan fisik selesai,” katanya.

Alasan Dewanto untuk mencocokkan waktu dengan rencana tim pelatih memang masuk akal. Tim Pelatih sebelumnya memang mewacanakan akan menggelar uji coba dengan bertandang ke kandang lawan. Pelatih Kepala PSS, Herri Kiswanto (Herkis) menegaskan uji coba tandang itu menjadi bagian dari program latihan mental pemain sebelum liga benar-benar dimulai. Selain itu ia juga ingin melihat bagaima polesan posisi pemain yang dibentuknya selama latihan sekaligus mencoba skill wajah anyar yang didatangkan manajemen.

“Uji coba away kan memang digelar untuk meningkatkan mental para pemain kami. Penempaan mental itu penting karena liga akan jalan penuh tekanan besok,” kata Herkis.

Soal wajah baru, PSS masih harus menunggu selesainya Piala Presiden. Dua pemain dari klub Liga 1 dikabarkan menyusul gelandang kiri PSM Makassar, Faturrahman, yang sudah terlebih dulu bergabung PSS. Dua pemain itu berposisi sebagai striker untuk menemani atau melapis Tambun Naibaho di lini depan dan gelandang bertahan melapis Arie Sandy. (Des)

Read previous post:
SERI III IBL 2017/2018, Bima Perkasa Bisa Mainkan Restu
BPD DIY BIMA PERKASA – Tak Lagi Dipandang Sebelah Mata

SLEMAN (MERAPI)- Awalnya BPD DIY Bima Perkasa Jogja dipandang sebelah mata di musim 2017/2018 Indonesia Basketball League (IBL). Hasil buruk di

Close