PROGRAM PEMBINAAN DISPORA YOGYA, KKO dan PPAKY Jadi Andalan

YOGYA (MERAPI) – Program Kelas Khusus Olahraga (KKO) dan Pusat Pelatihan Atlet Kota Yogyakarta (PPAKY) menjadi andalan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Yogya dalam meningkatkan pembinaan olahraga di wilayah Kota Yogya. Melalui kedua program tersebut, diharapkan dapat menghasilkan atlet-atlet berprestasi, tidak hanya di level pelajar tapi juga setelah lulus nantinya.

“KKO dan PPAKY sudah berjalan. Terbukti keduanya cukup menunjang peningkatan pembinaan olahraga di Yogya. Terdapat beberapa pelajar yang masuk dalam program tersebut menunjukan prestasi menonjol di bidang olahraga,” terang Kabid Olahraga Dispora Yogya, RM Budi Santoso di Yogya, Selasa (16/1).

Dari kedua program tersebut, Budi menyebutkan jika terdapat 200 atlet yang terlibat. Untuk KKO terdiri dari 100 atlet, begitu pula dengan PPAKY yang memiliki 100 atlet. “Untuk KKO ini ada di SMPN 13 Yogya, yang tersebar dalam tiga kelas, baik kelas VII, VIII maupun IX. Untuk atletnya juga beragam, mulai dari cabor (cabang olahraga) atletik, catur, bola voli, bulutangkis, panahan, pencak silat, renang, sepakbola hingga taekwondo,” tuturnya.

Hampir sama dengan KKO, program PPAKY dikemas dengan lebih fleksibel karena mencakup berbagai atlet pelajar dari berbagai sekolah di wilayah Yogya. Dari 100 atlet yang masuk program PPAKY, meliputi atlet dari cabor bulutangkis, panahan, pencak silat, renang, sepakbola dan taekwondo.

“Tidak hanya menjalani latihan rutin, kedua program ini juga akan melakukan try out ke luar daerah. Tujuan dari try out ini kan juga untuk mengembangkan kemampuan atlet agar terbiasa ketika menghadapi lawan dari luar daerah. Karena proyeksi kami, para atlet Yogya ini bisa berprestasi hingga ke level nasional,” imbuhnya.

Dari program yang telah disusun, Budi menjelaskan, untuk KKO sudah dijadwalkan untuk berujicoba ke SKO Ragunan Jakarta. “Sedangkan untuk PPAKY, akan dilakukan seusai dengan cabornya masing-masing, mulai dari Maret hingga November,” jelasnya. (Oro)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
KONI DIY Agendakan Raker Februari

YOGYA (MERAPI) - Memasuki tahun 2018, KONI DIY mulai merancang untuk pelaksanaan program. Pembahasan untuk program pada tahun ini, akan

Close