ISLANDIA TANTANG INDONESIA SELECTION DI MAGUWOHARJO – Duel Tim Muda Vs Tim Bertabur Bintang

Para pemain Indionesia Selection menjalani latihan di lapangan UNY sebelum laga melawan Islandia
Para pemain Indionesia Selection menjalani latihan di lapangan UNY sebelum laga melawan Islandia

SLEMAN (MERAPI)- Salah satu kontestan Piala Dunia 2018, Islandia bakal melakoni laga persahabatan menghadapi Tim Nasional (Timnas) Indonesia Selection di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (11/1) malam nanti. Misi mereka adalah menjajal tim dengan kultur sepakbola berbeda serta mencoba pemain muda yang dipersiapkan mengadapi Piala Dunia.
Namun, isu tak sedap sudah menerpa laga ini. Sebagian pihak menilai laga ini hanya dianggap sarana penylenggara untuk meraup keuntungan, mengingat harga tiket selangit dan tak masuk kalender FIFA. Terkait isu ini, pelatih Kepala Islandia, Heimmir Helgrimsson pun angkat bicara. “Saya hanya pelatih dan dia (menunjuk pemain) hanya pemain timnas. Kami tidak tahu soal negosiasi bisnis yang membuat kami bertanding lawan Indonesia Selection. Setelah ini kami akan ke Afrika juga untuk bermain sepakbola,” kata Heimmir Helgrimsson dalam jumpa pers, Rabu (10/1) sore.
Untuk diketahui, tiket termurah pertandingan ini adalah Rp 100 ribu. Jika Timnas Islandia diisi pemain muda, Timnas Indonesia Selection bakal banyak diperkuat nama besar dan senior seperti Hamka Hamzah, Ahmad Bustomi, Raphael Maitimo, sampai Greg Nwokolo. Namun para pemain ini sebagian besar belum mencapai performa standar mereka. Hamka Hamzah bahkan menegaskan bahwa pertandingan uji coba ini adalah lelucon.
“Kami ini belum ada persiapan sama sekali langsung disuruh main. Jadi saya harap masyarakat jangan banyak berekspektasi dengan para pemain. Kondisi saya saat ini saja belum ada 50 persen. Gini, misalnya saya dipanggil pelatih pun untuk main, saya akan tolak karena saya paham tubuh saya sendiri. Tapi ini kan yang memilih fans, saya datang karena menghargai mereka,” tegasnya.
Persiapan secara keseluruhan dalam tim yang dibesut Robert Rene Alberts itu juga sangat singkat. Lanjut Hamka, jika ingin membentuk tim padu dan kuat meski berisikan para pemain bintang jika waktunya sesingkat itu. Apalagi lawannya adalah peserta Piala Dunia 2018 dan delapan besar Piala Eropa dua tahun lalu. Kondisi ini bakal membuat pertarungan kurang menarik lantaran Timnas Indonesia Selection tidak akan setangguh seperti yang banyak orang kira.
Dia mengatakan, beda ceritanya ketika timnas Islandia mengajak pemain bintangnya bertanding. Ada tantangan yang bakal dihadapi pesepakbola senior tanah air itu. Sayang dalam laga nanti Islandia tidak akan diperkuat nama besar yang tampil di liga top Eropa, seperti Gylfi Sigurosson (Everton), Aron Gunnarsson (Cardiff City) dan Alfreo Finnbogason (Augsburg). Mereka tak bergabung karena menjalani jadwal padat bersama tim masing-masing. Helgrimsson juga menegaskan laga nanti ajang tampilnya pemain muda mereka.
“Saya tidak peduli ada penonton atau tidak, yang penting kami bisa bermain bola melawan tim yang punya kultur berbeda dengan kami,” ulangnya.
Menilik dari persiapan kedua tim, laga akan timpang sebelah. “Semoga saja kita bisa sama-sama memetik manfaat dari pertandingan besok,” lanjut Rene.
Dari jumlah suara yang terkumpul, Timnas Indonesia Selection diperkuat I Made Wirawan (77.25 suara), Rivky Mokodompit (35.102 suara) di posisi kiper lalu Abduh Lestaluhu (62.167 suara), Tony Sucipto (27.103 suara), Achmad Jufriyanto (72.938 suara), Ricardo Salampessy (37.561 suara), Hamka Hamzah (88.621 suara), Maman Abdurrahman (27.958 suara), Zulkifly Syukur (41.973 suara), Alfin Tuasalamony (35.083 suara) di barisan belakang. Di posisi gelandang ada Manahati Lestusen (22.861 suara), Ahmad Bustomi (31.319 suara), Ponaryo Astaman (20.455 suara), Ramdani Lestaluhu (37.652 suara), Raphael Maitimo (72.770 suara), Paulo Sitanggang (24.347 suara), Bayu Gatra (29.659 suara), dan Rizky Pora (40.047 suara).
Sedangkan di lini depan diisi tiga nama besar yaitu Bambang Pamungkas (61.784 suara), Cristian Gonzales (39.384 suara), Greg Nwokolo (52.037 suara), dan Titus Bonai (38.650 suara). Rene merencanakan mengusung formasi 4-4-2 dengan 11 pemain berdasar voting tertinggi di tiap lini. I Made Wirawan (kiper) dengan empat pemain belakang: Abduh Lestaluhu, Ahmad Jufrianto, Hamka Hamzah, dan Zulkifli Syukur. Di gelandang ada Ahmad Bustomi dan Raphael Maitimo dengan dua pemain sayap Ramdani Lestaluhu dan Rizky Pora. Dua striker akan diisi Bambang dan Greg.
Sedangkan Islandia membawa sebagian besar pasukan mudanya yang berlaga di liga negara Skandinavia (Denmark, Swedia, Norwegia). Ada Kiper Frederik Schram (Roskilde FK), Runar Alex Runarsson (Nordsjaelland), Anton Ari Einarsson (Valur), lalu pemain belakangJon Gudni Fjoluson (IFK Norrkoping), Haukur Heidar Hauksson (AIK), Holmar Orn Eyjofsson (Levski Sofia), Hjortur Hermannsson (Brondby IF), Bodvar Bodvarsson (FH), Vidar Ari Jonsson (Brann SK), Orri Sigurdur Omarsson (Valur), dan Felix Orn Fridriksson (IBV).
Para pemain tengah diisi Olafur Ingi Skulason (Karabukspor), Arnor Smarason (Hammarby), Arnor Ingvi Traustason (Malmo FF), Aron Sigurdarson (Tromso), Hilmar Ami Halldorsson (Stjaman), Mikael Neville Anderson (Vendsyssel FF), Samuel Kari Fridjonsson (Valerenga IF) sedangkan di depan ada Bjorn Bergmann Sigurdarson (Molde BK), Ottar Magnus Karlsson (Molde BK), Kristjan Fioki Finnbogason (Start IF), Albert Gudmundsson (PSV), Tryggvi Hrafn Haraldsson (Halmstad BK). (Des)

Read previous post:
Petugas Sat Narkoba Polres Sleman menunjukan barang bukti dna pelaku yang diamankan
BISNIS NARKOBA UNTUK BIAYA HIDUP – Baru Bebas, Residivis Dodolan Sabu Lagi

SLEMAN (MERAPI)- Residivis AP alias Paing (41) warga Mertoyudan, Magelang tanpaknya tak kapok masuk penjara. Buktinya, baru beberapa hari keluar

Close