Dana Konser Amal Didi Kempot Disalurkan untuk Kalangan Terdampak Covid-19 di Karanganyar

Simbolis penyerahan dana konser amal Didi Kempot di Karanganyar. (Foto: Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Ratusan kalangan terdampak Covid-19 di Karanganyar menerima bantuan sembako dan santunan bersumber dana konser amal Didi Kempot. Penyandang dana menyalurkannya melalui Lazismu Karanganyar.

Direktur Lazizmu Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar, Akhmad Zaki Musthofa mengatakan pendistribusian ke penerima dibantu Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC). Para penerimanya dianggap pantas mendapatkan bantuan itu setelah disurvei.

“Lazismu pusat mempercayakan pendistribusiannya di Karanganyar melalui Lazismu Karanganyar. Diawali masa observasi calon penerima pada 13-20 Juli. Kemudian MCCC menyerahkannya langsung selama 3 hari mulai Jumat (31/7),” katanya kepada wartawan di Karanganyar, Sabtu (1/8).

Untuk diketahui, Konser Amal Dari Rumah Didi Kempot digelar pada 11 April 2020 yang disiarkan langsung melalui salah satu stasiun TV nasional. Dari acara tersebut, hasil donasi mencapai Rp 7,6 miliar dan mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo. Dari total donasi tersebut, pada 22 April 2020 juga sudah diserahkan melalui Sobat Ambyar senilai Rp 1,8 miliar dan LAZIS Muhammadiyah sebesar Rp 2,1 miliar.

Lebih lanjut Akhmad Zaki mengatakan total donasi yang disalurkan di Karanganyar Rp 95 juta. Terdiri 150 paket sembako ke pengemudi ojek daring, petugas kebersihan, guru honorer, sopir angkot, jukir, pemulung, janda miskin dan penjaga makam. Sedangkan uang santunan masing-masing Rp 500 ribu ke 100 penerima seperti 39 guru wiyata bhakti, 57 guru TPA dan 4 marbot masjid.

“Santunan ini agar dapat dibelanjakan secara mandiri oleh keluarga yang membutuhkan dalam rangka memenuhi kebutuhan pokoknya,” katanya.

Ketua PDM Karanganyar, Samsuri mengatakan pembagiannya merata ke 17 kecamatan. Guna menghindari pengumpulan massa, pihaknya mengirim langsung ke penerima. Ia menyakini Didi Kempot semasa hidupnya memiliki ikatan mendalam dengan Kabupaten Karanganyar yang menginspirasi penciptaan lagu-lagu ambyarnya. Sehingga merelakan dana konser amalnya, salah satunya disalurkan ke Bumi Intanpari. Adapun daerah penerima lainnya adalah Jawa Barat, Jawa Timur dan DIY.

“PDM dan LazisMU mengapresiasi atas kepercayaan penyaluran bantuan dari sobat ambyar. Sesuai amanah sudah disalurkan. Semoga bisa bermanfaat dan barokah,” katanya. (Lim)

Read previous post:
Kado Terakhir dari Sang Mantan

SUDAH tiga tahun Mawar pacaran dengan Anton, dan rencana segera menikah. Semua dikarenakan Anton bekerja di Lampung, dan sudah berhasil

Close