Kelimakalinya, Pemkab Sukoharjo Berhasil Raih Opini WTP

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dan Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi menunjukan berita acara LHP.(Foto: Wahyu Imam Ibadi)
Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dan Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi menunjukan berita acara LHP.(Foto: Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO (MERAPI) – Pemkab Sukoharjo untuk kali kelima berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Penyajian dan Pelaporan Pertanggungjawaban Keuangan Tahun 2019. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kerja keras semua organisasi perangkat daerah (OPD) terhadap manajemen pengelolaan keuangan.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Kamis (21/5) mengatakan, Pemkab Sukoharjo telah berhasil meraih opini WTP untuk kali kelima. Pengumuman penyerahan opini WTP dilaksanakan secara online dengan video conference pada Rabu (20/5). Kegiatan diikuti bupati dan didampingi Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi di ruang kerja bupati.

Keberhasilan mendapatkan opini WTP membuat lega Pemkab Sukoharjo. Sebab keberhasilan tersebut merupakan wujud nyata kerja keras pemerintah daerah. Disisi lain juga kerjasama baik antar OPD.

“Opini WTP untuk kali kelima berturut-turut berhasil diraih Pemkab Sukoharjo,” ujarnya.

Bupati mengatakan, opini WTP tersebut merupakan bukti nyata Pemkab Sukoharjo telah menunjukkan komitmen dan kinerja yang baik pada masyarakat. Selain itu, juga komitmen mempertanggungjawabkan setiap penggunaan uang negara secara transparan dan akuntabel sesuai dengan kaidah-kaidah pelaporan yang baik dan benar dalam Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).

Pemkab Sukoharjo berharap keberhasilan mendapatkan opini WTP menjadi kebanggan sekaligus cambuk bagi pemerintah daerah dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih. Disisi lain juga diharapkan kedepan OPD menjadi lebih transparan dalam penggunaan anggaran.

“Manajemen bagus dan kerja baik di Pemkab Sukoharjo mendapat apresiasi dari pemerintah melalui keberhasilan meraih opini WTP,” lanjutnya.

Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi mengatakan, DPRD Sukoharjo ikut bangga atas pretasi yang berhasil diraih Pemkab Sukoharjo mendapat opini WTP. Sebab tidak mudah mendapakan prestasi tersebut. Butuh kerja keras dan perjuangan antar semua pihak agar berhasil.

“Kinerja terkait pengelolaan keuangan sudah berhasil ditunjukan Pemkab Sukoharjo dengan prestasi meraih opini WTP,” ujarnya.

DPRD Sukoharjo berharap prestasi opini WTP bisa terus dipertahankan kedepan. Transparansi penggunaan keuangan di OPD juga perlu dipertahankan agar prestasi dapat diraih kembali. (Mam)

Read previous post:
UMKM Terdampak Covid-19 Dibantu Sembako

TEMANGGUNG (MERAPI) - Pelaku UMKM terdampak Covid-19 di Kabupaten Temanggung, mendapat bantuan kebutuhan pokok (sembako) dari Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak

Close