Tim P4GN Uji Sampel Urine Pegawai PN

Pegawai PN Karanganyar menyerahkan sampel urine ke petugas P4GN. (foto: Abdul Alim)
Pegawai PN Karanganyar menyerahkan sampel urine ke petugas P4GN. (foto: Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Puluhan pegawai unsur pimpinan sampai honorer di Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar menjalani tes urine dan mendapatkan sosialisasi dari Tim Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Jumat (24/5). Personel PN juga diminta membentuk satgas antinarkoba yang bersinergi dengan P4GN.

“Kegiatan ini berkaitan gerakan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WWBM). Bersih dari penyalahgunaan narkoba merupakan bagian gerakan tersebut. Sekretaris Mahkamah Agung RI juga menginstruksi seluruh PN agar menjalani sosialisasi, pemeriksaan urine dan pembentukan relawan antinarkoba,” kata Ketua PN Asminah.

Sebanyak 47 pegawai di lingkungan kerjanya mengikuti kegiatan yang diawali sosialisasi oleh petugas Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), Satnarkoba Polres Karanganyar dan Badan Kesbangpol. Usai sosialisasi di aula, mereka menuju lokasi uji sampel urine. Asminah tampak antusias menanyakan ke petugas mengenai proses uji sampai keluar hasilnya. Ia mendapat informasi, tak semua sampel positif terpapar zat adiktif, menandakan pengonsumsi narkoba. Bisa jadi, partisipan uji sampel bergantung obat dari resep dokter karena menderita penyakit tertentu. Dikatakannya, sosialisasi tim P4GN dan uji sampel bukan pertama kali di kantornya.

“Tahun lalu pernah. Namun saya belum bertugas di sini. Artinya, kami berkomitmen dalam pencegahan narkoba. Juga, antusias dengan informasi mengenai bahaya narkoba. Untuk itulah kami mengajukan pendampingan ke tim P4GN yang diketuai Wabup,” katanya.

Jika hasil tes urine pegawainya positif, ia akan melakukan pembinaan secara internal. Tak menutup kemungkinan dilakukan tindakan represif oleh kepolisian.

Plt Kabid Politik dan Kemasyarakatan Bakesbangpol Karanganyar, Aris Indriyatmoko mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai program kerjanya. Sejauh ini, baru dapat dilaksanakan di PN dan Kodim Karanganyar pada Juni mendatang.

“Belum ada ASN dan pegawai pemerintah yang positif narkoba dari hasil uji sampel ini. Semoga kalau ada anggaran kegiatan, akan menyasar kalangan DPRD,” katanya. (Lim)

Read previous post:
Lakukan Penelitian Institusi, Fokus Sport Tourism

PALEMBANG (MERAPI) - Sumsel khusunya Palembang telah ditetapkan sebagai kawasan wisata olahraga atau sport tourism, oleh Menteri Pariwisata RI. Apakah

Close