Sleman Belum Berikan Sanksi bagi Pengendara Tak Kenakan Masker

MERAPI-AWAN TURSENO
Sri Purnomo membagikan masker kepada masyarakat di lapangan Denggung.

SLEMAN (MERAPI) – Pemerintah Kabupaten Sleman hingga saat ini belum menjatuhkan sanksi bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker terutama pengendara maupun di tempat umum. Meski begitu, mereka dihimbau agar terus menerapkan protokol kesehatan pada masa pandemic Covid-19.

“Sampai saat Pemerintah Kabupaten Sleman belum memberikan sanksi bagi pengendara yang tidak mengenakan masker. Termasuk masyarakat yang sedang berada ditempat umum,” kata Bupati Sleman, Sri Purnomo saat membagikan masker di Lapangan Denggung, Jumat (7/8).

Agenda ini dilaksanakan serentak di 17 kecamatan sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran atau penularan Covid-19. Sekaligus dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75.

Selain di Lapangan Denggung, Sri Purnomo bersama Forkompimda juga membagikan masker kepada masyarakat yang berada di Pasar Denggung dan Foodcourt Denggung.

Dijelaskan Sri Purnomo, sebelum memberlakukan Peraturan Presiden tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, memberikan edukasi dan sosialisasi jauh lebih penting sebelum menerapkan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan.

Kedepan, jika memang dibutuhkan, Pemkab Sleman akan memberikan sanksi sosial yang dianggap lebih tepat untuk memberikan efek jera. Sanksi sosial itu misalkan dalam bentuk kerja bakti bersih-bersih lingkungan. Selain hasilnya bermanfaat untuk orang lain, namun juga menjadi sarana edukasi bagi pelanggar.

Menurutnya, berdasarkan pantauan di lapangan, kesadaran masyarakat Sleman sangat tinggi untuk menerapkan protokol kesehatan. Pengendara maupun masyarakat yang tidak mengenakan masker hanya terdapat 2 hingga 3 orang.
“Hanya sedikit yang tidak menggunakan masker. Alasannya lupa dan terburu-buru. Selebihnya semua sudah menggunakan masker,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Kepala Satpol PP Kabupaten Sleman, Arif Pramana mengatakan, masker yang dibagikan di setiap kecamatan sebanyak 500 masker. Kecuali di lokasi Denggung (wilayah Kecamatan Sleman) dan Kecamatan Berbah dibagikan sejumlah 1000 (seribu) masker. Sehingga total yang dibagikan sebanyak 9.500 masker. (Awn)

Read previous post:
Dewan Berharap Jembatan Kenet Segera Diperbaiki

BANTUL (MERAPI) - Komisi C DPRD Kabupaten Bantul berharap perbaikan jembatan Kenet di Dusun Siluk I Selopamioro Imogiri Bantul dapat

Close