Berawal dari Ayam Potong, Kini Bisnis Warni Terus Berkembang

SEKITAR 10 tahun lalu, Warniningsih bekerja sama dengan dua rekannya berjualan ayam potong yang sudah disembelih. Dalam perkembangannya, usaha model kerja sama tersebut berhenti. Selanjutnya ia merintis sendiri dengan nama Chikan Broiler.

Banyak disyukuri, usaha secara mandiri tersebut dapat berkembang tak hanya menyediakan ayam potong saja, namun juga menyediakan aneka kebutuhan warga, seperti sembako, aneka sayur, buah, daging segar, aneka bumbu (instan, segar, kering), frozen food, snack, ikan asin dan telur.

Tak ketinggalan, juga menerima jasa giling daging serta parut kelapa. Bisa diibaratkan lokasi usaha yang berada di Jalan Godean Km 15 Balan Sumberagung Moyudan Sleman tersebut merupakan mininya pasar besar yang menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat.

“Selain itu agar mudah diingat dan tampil beda, akhirnya tempat usaha ini saya beri nama Pasar Mini. Meski demikian Chikan Broilernya juga tetap masih saya pertahankan, bahkan bisa menjadi logo usaha Pasar Mini seperti di nota dan spanduk,” jelas Warniningsih kepada Merapi, Rabu (13/5).

Ibu dari dua anak ini menambahkan, setiap bulan Ramadan aneka kebutuhan untuk membuat minuman segar dan kolak semakin dikompliti dan diperbanyak stoknya. Antara lain ada kolang-kaling, cincau, cendol, pacar china dari sagu, rumput laut, roti tawar iris, agar-agar dan jeli kopyor. Setiap harinya bisa laris manis, baik dibutuhkan sekadar untuk membuat minuman segar suatu keluarga maupun dijual di pinggir jalan.

Aneka jenis sayur dan kebutuhan memasak juga semakin banyak dicari warga, misalnya diolah menjadi menu masakan untuk sahur dan buka puasa. Namun untuk snack dan roti kering, pada tahun ini, stoknya tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Salah satu alasannya, karena masih ada pandemi virus Corona, sehingga acara yang sifatnya ramai-ramai atau kerumunan ditiadakan.

“Pasar Mini di sini, saat ada Corona jam bukanya dari pukul 06.00 sampai 20.00 saja. Kalau sebelum ada Corona, dari pukul 06.00 sampai 21.00. Soal pelayanan yang terbaik, kebersihan, kerapian dan komplit barangnya selalu kami utamakan,” paparnya.

Ditambahkan Warni, saat ini tenaga kerja yang membantunya ada empat orang. Dalam sehari dibagi menjadi dua shift. Ketika ada pesanan barang dalam jumlah banyak, dapat mengontak dahulu ke nomor HP 081392106055 dan ia sendiri sampai saat ini tak menerapkan model dititipi barang. Semua kulakan maupun disetori pihak mitra, lalu dibayar secara kas.

Salah satu warga Moyudan Sleman, Weni yang menjadi salah satu pelanggan Pasar Mini mengungkapkan, setiap pulang kerja belanjanya selalu di Pasar Mini. Alasannya, antara lain lokasi mudah dijangkau, komplit dan kebersihannya selalu terjaga. “Aneka sayur yang tersedia juga selalu masih segar-segar,” tandas Weni. (Yan)

 

Read previous post:
Olahan Udang Bantu Hindarkan Anemia

BAHAN alami berkhasiat banyak berasal dari satwa dan tumbuhan. Tak sedikit masyarakat sudah merasakan manfaat dari bahan tersebut. Lalu dapat

Close