PT TWC Terapkan SNI ISO Antisuap

MERAPI-ANTARA  Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono menandatangani tanda terima Sertifikat SNI ISO 37001 di Kompleks Candi Prambanan.
MERAPI-ANTARA
Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono menandatangani tanda terima Sertifikat SNI ISO 37001 di Kompleks Candi Prambanan.

SLEMAN (MERAPI) – PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, siap menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP), sebagai langkah pencegahan tindak pidana korupsi di lingkungan perusahaan itu.
Tanda terima Sertifikat SNI ISO 37001 ditandatangani Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono serta Kepala BSN, Bambang Prasetya dalam Kickoff Implementasi SMAP PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero), di Kompleks Candi Prambanan, Jumat (13/3).
“Sistem manajemen antipenyuapan ini kalau kita terapkan sangat membantu proses bisnis,” kata Edy Setijono dikutip Antara.

Dengan menerapkan sistem manajemen yang berstandar, menurut dia, upaya mitigasi tindak pidana korupsi di lingkungan perusahaan bisa lebih efektif dilakukan.
Implementasinya, lanjut dia, salah satunya dengan melibatkan satuan pengawas internal (SPI) dalam setiap tahap perencanaan.
“Jadi tidak tahu-tahu ada kejadian kita bermasalah, tapi sebelum ada kejadian kita bisa mitigasi,” kata dia.

Kepala BSN, Bambang Prasetya mengapresiasi langkah cepat PT TWC untuk menerapkan ISO 37001:2016. Upaya ini, diharapkan diikuti perusahaan di sektor wisata lainnya sebagai upaya pencegahan suap.
“Ini jadi model ikutan sekaligus karena ini di sektor pariwisata, kalau yang lain-lain kita sudah biasa,” ujarnya.

Penetapan SNI SMAP, lanjut Bambang, sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017. Dalam Instruksi Presiden tersebut, BSN mendapat amanah untuk melakukan Aksi Inisiasi Sertifikasi Sistem Anti Korupsi.
“Dimulai dari BUMN dulu karena BUMN jadi soko guru ekonomi Indonesia. Ini di level perusahaan penting, di level nasional apalagi,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, SNI ISO 37001:2016 membantu organisasi menyusun, mengimplementasikan dan memelihara program kepatuhan terkait anti penyuapan.
Standar ini fleksibel dan bisa diterapkan pada semua jenis organisasi. Saat ini terdapat 118 organisasi yang menerapkan SMAP dan 10 lembaga sertifikasi SMAP yang telah terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN). (*)

Read previous post:
Hindarkan Diabetes Dengan Daun Kopi

TANAMAN kopi mampu memberi banyak manfaat bagi manusia. Terutama biji kopi dapat diolah menjadi wujud bubuk lalu dijadikan minuman dengan

Close