Beswan Djarum Ikuti Leadership Development

Suasana pelatihan Leadership Development. (MERAPI-SULISTYANTO)

BAKTI Pendidikan Djarum Foundation kembali menggelar pelatihan Leadership Development bagi 465 penerima Djarum Beasiswa Plus. Mahasiswa penerima beasiswa ini biasa disebut Beswan Djarum berasal dari 91 perguruan tinggi angkatan ke-34 tahun 2018/2019.

Pelatihan terbagi dalam tujuh kelompok dan dilaksanakan di dua kota, yaitu Yogyakarta serta Surabaya. Khusus di Yogyakarta dilaksanakan di Hotel Eastparc kawasan Depok Sleman, sejak Rabu sampai Sabtu (13-16/3).

Sejumlah pemateri dihadirkan dalam Leadership Development antara lain materi Vision oleh Felicia Hanitio dari Djarum Foundation dan penulis Roro Ajeng Sekar Arum menyampaikan materi Critical Writing. Tak ketinggalan motivator James Gwee menyampaikan materi What Leader Do dan jurnalis senior Bayu Sutiyono dengan materi Effective Oral Communications.

Menurut Program Director Bakti Djarum Foundation, Primadi H Serad, Leadership Development merupakan pelatihan soft skills kedua yang diberikan kepada Beswan Djarum. Sebelumnya para mahasiswa berprestasi ini mendapatkan pelatihan Character Building yang membentuk para generasi muda menjadi pemimpin masa depan Indonesia yang mempunyai karakter luhur dan mandiri.

“Djarum Foundation berkeyakinan, untuk mencetak manusia Indonesia yang tangguh dan berwawasan tinggi, tak hanya dari aspek intelektual saja. Mereka memerlukan pembekalan soft skills yang akan melatihnya menjadi sosok cakap secara emosional. Karenanya program beasiswa prestasi Djarum Beasiswa Plus berfokus memberikan beragam pelatihan keterampilan lunak atau soft skills, salah satunya Leadership Development,” tandas Primadi.

Roro Ajeng salah satu pemateri menjelaskan, dengan pelatihan Critical Writing, generasi muda bisa belajar dan membangun kepekaan untuk mengolah informasi yang ada di sekitar. Dengan materi ini diharapkan pula bisa mempelajari cara menyampaikan ide maupun argumentasi secara efektif melalui tulisan dan bagaimana menyusun alasan dan bukti yang jelas untuk mendukung argumentasi tersebut.

Alumni Beswan Djarum, Satrio Rahargian Rahma P dan Bunga Fatimah dalam kesempatan tersebut berkenan memaparkan tentang manfaat ketika mengikuti pelatihan Leadership Development. Keduanya yang pernah menerima beasiswa pada 2017-2018 atau angkatan ke-33, dalam setahun pernah mendapat tiga tahap pelatihan. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Mengundurkan Diri, Dua Siswi Batal Ikut UNBK

WATES (MERAPI) - Dua siswi dari dua sekolah berbeda di Kulonprogo batal mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP,

Close