AGAR MERATA KE SELURUH WILAYAH – Forum TJSP Koordinir Bantuan dari Perusahaan

MERAPI-AWAN TURSENO Sri Purnomo foto bersama perwakilan perusahaan penerima Buku Saku Tata Tertib dan SOP Forum TJSP.
MERAPI-AWAN TURSENO
Sri Purnomo foto bersama perwakilan perusahaan penerima Buku Saku Tata Tertib dan SOP Forum TJSP.

MLATI (MERAPI) – Pemberian bantuan perusahaan kepada masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) atau dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR), akan sangat membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Di samping itu, pembangunan yang diharapkan pemerintah dapat berjalan lebih cepat dan lancar.

“Bantuan perusahaan melalui CSR sudah tentu akan mensejahterakan masyarakat dan mendorong percepatan pembangunan. Tetapi, kucuran anggaran tersebut harus dikoordinir dengan baik agar merata ke seluruh wilayah,” kata Bupati Sleman, Sri Purnomo usai menyerahkan Buku Saku Tata Tertib dan Standar Operasional Prosedur (SOP) kepada perwakilan perusahaan yang tergabung dalam Forum TJSP Kabupaten Sleman di The Rich Hotel, Mlati, Selasa (12/3).

Menurutnya, uluran tangan dan dukungan perusahaan dalam membangun masyarakat Sleman merupakan energi tersendiri yang dapat mendukung percepatan proses pembangunan. Begitu pula Buku Saku Tata Tertib dan SOP Forum TJSP dapat menjadi pegangan untuk dipahami dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh perusahaan.

“Buku saku ini saya harapakan dipahami isinya dan diimplementasikan dalam rangka mendukung pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Sleman. Sehingga dalam nemerapkan CSR semakin optimal,” tambahnya.

Begitu pula keberadaan Forum TJSP diharapkan mampu mewujudkan keterpaduan komitmen dari berbagai perusahaan dalam program-program Corporate Social Responsibility (CSR)nya.

Ketua Forum TJSP Kabupaten SLeman, Muhammad Sigit menjelaskan, dengan adanya buku saku agar perusahaan bersedia berperan aktif memberikan kontribusi dalam menggerakkan forum TJSP. Hal ini bertujuan untuk terselenggaranya sosialisasi dan advokasi, terwujudnya koordinasi dan sinergi pelaksanaan serta terfasilitasi program dan kegiatan TJSP.

Selain itu, penyusunan SOP untuk mewujudkan hasil penyaluran TJSP yang bermanfaat bagi masyarakat secara berkelanjutan dan terdokumentasi oleh Forum TJSP. “Semoga dengan adanya buku saku ini tujuan Forum TJSP Kabupaten Sleman dapat tercapai dan terjalin hubungan yang baik antara Pemkab Sleman dengan seluruh perusahaan di wilayah Sleman,” kata Sigit.

Sementara itu, Pengarah Sekretariat Forum TJSP, Kunto Riyadi menjelaskan, Forum TJSP diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, mengamanahkan pembentukan Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Perda tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan penetapan Keputusan Bupati Sleman Nomor 43.1/Kep.KDH/A12018 tentang Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Periode 2018-2021.

“Rencana tindak lanjut kedepan kami akan menginventarisasi program kegiatan TJSP yang akan dilaksanakan perusahaan pada tahun 2019 dan melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) khusus Forum TJSP untuk perencanaan tahun 2020,” terangnya. (Awn)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Mengisi Kegiatan Positif di Bulan Rajab, LKNU Ruqyah Massal IRT

KARANGANYAR (MERAPI) - Sebanyak 25 ibu rumah tangga mengikuti ruqyah massal yang diselenggarakan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) di Masjid

Close