PERINGATAN HARI IBU KE-90 – Ibu Berperan Sebagai Pencerah Peradaban

MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H Bupati Sleman meninjau stan inovasi ibu-ibu di Kabupaten Sleman.
MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H
Bupati Sleman meninjau stan inovasi ibu-ibu di Kabupaten Sleman.

SLEMAN (MERAPI) – Lahirnya generasi bangsa yang unggul, kreatif, penuh inisiatif, bervisi kemanusiaan dan berwawasan luas, tidak luput dari sentuhan peran seorang ibu. Peran mereka dinilai memegang peran dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa.

“Ibulah yang pertama kali memperkenalkan, menanamkan dan mengakarkan nilai agama, budaya, moral, kemanusiaan serta nilai-nilai luhur kepada seorang anak. Dengan kata lain ibu dapat juga disebut sebagai pencerah peradaban,” kata Bupati Sleman, Sri Purnomo dalam Peringatan Hari Ibu ke-90 Kabupaten Sleman Tahun 2018, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Rabu (12/12).

Dalam membangun kesejahteraan bangsa, peran kaum wanita dari waktu ke waktu semakin diakui. Terbukti saat ini semakin banyak pucuk pimpinan dan posisi pengambil kebijakan telah diisi oleh perempuan yang berdaya, mandiri dan kreatif.

Kaum wanita, lanjutnya, dituntut agar terus meningkatkan kapasitas diri. Apalagi saat ini ruang aktualisasi diri terbuka lebar di ruang publik. Untuk mensikapi dan menyiasati dua peran mendasar itu seorang ibu agar semakin memaksimalkan perannya serta memberdayakan potensi dirinya. Sehingga dapat menginternalisasi kebutuhan di era modern saat ini.

Dalam peringatan Hari Ibu kali ini, Pemerintah Kabupaten Sleman mengusung tema “Bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa.”

Menurut Sri Purnomo, peringatan Hari Ibu dengan tema Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-laki Dalam Membangun Ketahanan Keluarga Untuk Kesejahteraan Bangsa, mempunyai arti sangat penting. Tema tersebut bermakna bahwa kemitraan antara laki-laki dan perempuan merupakan kunci keberhasilan dalam mewujudkan negara yang adil dan sejahtera melalui gerakan revolusi mental.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan, peringatan Hari Ibu yang diselenggarakan setiap tahun diharapkan membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup. Disisi lain, apabila perempuan diberi peluang dan kesempatan, supaya dapat memanfaatkan dengan meningkatkan serta mengembangkan segala potensi yang dimiliki.

“Saat ini terbukti perempuan dalam segala dimensi mampu menjadi motor penggerak dan perubahan atau agent of change. Perempuan masa kini harus sadar dan memahami hall ini. Karena memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Sleman menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi masyarakat tidak mampu dan penghargaan kepada penyuluh pokja tingkat Kabupaten Sleman. Selai itu menyerahan bantuan berupa sepeda kepada para siswa sekolah di wilayah Kabupaten Sleman. (Awn)

Read previous post:
MERAPI-SAMENTO SIHONO Di warung makan inilah AZ disergap saat makan siang.
TERDUGA TERORIS DITANGKAP DI SLEMAN-Disergap Densus 88 Saat Makan Siang

GODEAN (MERAPI)- Seorang terduga teroris diamankan Densus 88 Antiteror Mabes Polri di Dusun Krapyak, Sidoarum, Godean, Sleman, Selasa (11/12). Terduga

Close